Salah satu daerah yang menyambut ajakan program KB adalah Jawa Tengah,"
Jakarta (ANTARA News) - Pihak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggaet para kepala daerah se-Jawa Tengah (Jateng) guna mendeklarasikan dan mensukseskan program nasional "Gerakan Ayo Ikut KB".

"Salah satu daerah yang menyambut ajakan program KB adalah Jawa Tengah," kata Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty melalui keterangan tertulis di Jakarta Senin.

Surya mengatakan pemerintah pusat melalui BKKBN akan berupaya mendorong pemerintah daerah meningkatkan sosialisasi dan edukasi program KB.

Surya menuturkan seluruh kepala daerah di Jateng menghadiri dan mendukung Gerakan Ayo Ikut KB yang digelar di Pendopo Kabupaten Wonosobo pada 25 Februari 2016.

Bahkan menurut Surya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bertekad mensukseskan program KB dengan sasaran menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan angkat kemiskinan.

Lebih lanjut, BKKBN menjalankan program KB melalui pendekatan masyarakat di pinggiran dengan model "Kampung KB" tingkat rukun warga (RW) yang tersebar minimal satu kampung pada setiap daerah.

"Kampung KB salah satu bentuk miniatur pelaksanaan total Program KKBPK melibatkan seluruh bidang di BKKBN bersinergi dengan para pemangku kepentingan," ujar Surya.

Program Kependudukan, KB dan pembangunan keluarga (KKBPK), diungkapkan Kepala BKKBN itu akan terjadi keterpaduan secara sistematis dengan sektor lain.

Sinergitas yang akan terjalin dengan sektor lain di antaranya optimalisasi pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak sejak di kandungan sampai seribu hari pertama kehidupan (1.000 HPK), perencanaan kehamilan yang baik sejak pra nikah dan selama mengandung.

Surya menjelaskan Pemerintah Provinsi Jateng juga mendukung revitalisasi program KB dengan meningkatkan alokasi anggaran untuk penyelenggaraan dan pelayanan KB.

"Bahkan pemerintah provinsi telah mencanangkan Kampung KB di Kabupaten Cilacap," tutur Surya.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan jumlah pendudukan Jateng mencapai 33,5 juta pada 2014, jika program KB berhasil dilaksanakan maka menurut Surya akan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan jumlah penduduk secara nasional.

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016