Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dijadwalkan meninjau proyek pembangunan irigasi Lhok Guci di Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Selasa (4/8) siang.

Kasubag hubungan media Pemkab Aceh Barat Jopi D Saputra di Meulaboh, Senin mengatakan kunjungan kerja itu untuk menindak lanjuti perintah Presiden Joko Widodo terhadap pembangunan irigasi Lhok Guchi pada 2015.

"Saat kunjungan rombongan RI-1 ke Meulaboh, Bapak Presiden Jokowi sudah menyahuti kelanjutan pembangunan irigasi Lhok Guci. Jadi sebelum dana APBN Rp100 miliar itu dikucurkan ditinjau dulu oleh Mentan," katanya.

Dia menjelaskan, selain meninjau proyek multi years tersebut, Mentan juga dijadwalkan meninjau sejumlah sentra produksi pertanian tanaman pangan di Kabupaten Aceh Barat serta membuka rapat koordinasi (rakor) pertanian Aceh di Banda Aceh.

Terhadap peninjauan kawasan sentra produksi tanaman pangan dilakukan sepanjang Kecamatan Kawai XVI sampai Kecamatan Pante Ceureumen, serangkaian kunjungan perdana Mentan RI tersebut juga melakukan silaturahmi dengan petani Aceh.

"Dari jadwal yang telah kita terima rombongan Mentan mendarat di Bandara Cut Nyak Dhien Kabupaten Nagan Raya Selasa (4/8) siang, kemudian setelah istirahat di pendopo Bupati langsung menuju lokasi peninjauan," imbuhnya.

Data diperoleh dari instansi terkait untuk pembangunan utama bendungan irigasi Lhok Guci sejak 2004 sudah menelan anggaran APBN senilai Rp601,4 miliar, meskipun tahap tersebut sudah selesai dikerjakan, tetapi masih membutuhkan dana untuk penuntasan jaringan teknis untuk mengaliri ke 18.542 hektare area sawah petani.


Pewarta: Anwar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015