Hilal dilihat oleh dua orang, yakni Kiai Inwanuddin dan Kiai Sholehuddin ..."
Surabaya (ANTARA News) - Tim Rukyatul Hilal (melihat hilal atau rembulan penanda pergantian kalender, secara kasat mata) PWNU Jawa Timur telah berhasil melihat di Bukit Condro, Gresik, Jawa Timur (Jatim), Kamis pukul 17.35 WIB.

"Hilal dilihat oleh dua orang, yakni Kiai Inwanuddin dan Kiai Sholehuddin yang melihat di Bukit Condro, Gresik, sekarang kami laporkan ke PBNU untuk diteruskan ke Kemenag," kata Koordinator Tim Rukyatul Hilal PWNU Jatim HA Sholeh Hayat.

Sebelumnya, ia mengaku optimistis hilal bisa dirukyat karena 12 rumus hisab menghasilkan hitungan irtifak hilal yang masuk kriteria "imkanur rukyat" atau layak dirukyat, kecuali mendung.

"Beberapa daerah memang mendung, tapi di seluruh Indonesia ada 61 titik rukyatul hilal dan PWNU Jatim sendiri menurunkan sejumlah tim di Lamongan, Bangkalan, Situbondo, Malang, Blitar, Surabaya, dan sebagainya," kata Wakil Ketua PWNU Jatim itu.

Hasilnya, tim PWNU Jatim di Bukit Condro telah melihatnya pada pukul 17.35 WIB dengan dua saksi.

"Kita tunggu keputusan pemerintah, tapi insya-Allah kita akan berlebaran secara bersamaan," kata mantan aktivis Ikatan Pelajar NU (IPNU) Jatim itu.

Pewarta: Edy M Ya`kub
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015