Hari Paskah merupakan puncak kalender liturgi umat Katolik
Magetan (ANTARA News) - Petugas Kepolisian Resor (Polres) Magetan, Jawa Timur, menyisir sejumlah gereja yang ada di wilayah hukum setempat dalam rangka persiapan perayaan Hari Raya Paskah tahun 2015 yang dirayakan oleh umat Kristiani.

Kepala Satuan Sabhara Polres Magetan Kota AKP Supriyono, Kamis, mengatakan, ada sekitar 63 gereja yang ada di wilayah Kabupaten Magetan, dari perkotaan hingga pelosok desa.

"Penyisiran di daerah Kota Magetan akan dilakukan oleh petugas polres, sedangkan di daerah pedesaan diserahkan oleh petugas polsek. Hal ini untuk menjaga kelancaran proses perayaan Paskah yang mulai berlangsung hari Kamis ini hingga Minggu (5/4) mendatang," ujar AKP Supriyono kepada wartawan.

Menurut dia, sejumlah gereja yang mendapat pengamanan dan penyisiran intensif antara lain Gereja Katolik Regina Pacis Magetan dan beberapa gereja lainnya.

Adapun, penyisiran pada Kamis sore itu dilakukan dengan menggunakan alat pendeteksi logam. Dengan alat tersebut, petugas polres setempat dengan teliti memeriksa seluruh bagian ruangan dan bangunan luar gereja.

Ia menjelaskan, tujuan sterilisasi dan penyisiran tersebut adalah mendeteksi keberadaan barang-barang yang berbahaya di gereja. Di antaranya adalah bom, bahan peledak, senjata tajam, dan barang terlarang lainnya.

"Hasil dari peyisiran tidak ditemukan barang ataupun bahan yang berbahaya serta terlarang. Kami berharap rangkaian misa perayaan Paskah di Magetan dapat berjalan lancar tanpa ada gangguan apapun," kata AKP Supriyono.

Selain penyisiran, pihak Polres Magetan juga menyiagakan anggotanya untuk melakukan pengamanan dan patroli selama proses rangkaian perayaan Paskah berlangsung. Nantinya ada sejumlah anggota yang ditempatkan di gereja-gereja untuk melakukan pengamanan.

Perwakilan Gereja Regina Pacis Magetan, Severinus, mengatakan, rangkaian perayaan Paskah diawali dengan Tri Hari Suci. Yakni, misa Kamis Putih pada Kamis (2/4) malam, Jumat Agung pada Jumat (3/4) yang menandai wafatnya Isa Almasih, dan Sabtu Suci pada Sabtu (4/4), sebagai malam Paskah.

"Hari Paskah merupakan puncak kalender liturgi umat Katolik. Perayaannya dilakukan mulai hari Kamis hingga Minggu nanti," kata Severinus.

Ia menyambut positif penyisiran dan penjagaan yang dilakukan oleh petugas Polres Magetan. Hal itu agar proses perayaan Paskah di wilayah setempat berlangsung lancar dan aman.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo dan Louis Rika
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015