aya nilai upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi satpam telah mampu membentuk personel-personel satpam yang unggul dengan penguasaan berbagai jenis kemampuan meliputi kemampuan dasar, menengah dan manajerial,"
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Pol Sutarman mengapresiasi kualitas satuan pengamanan yang dinilainya sudah baik.

"Saya nilai upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi satpam telah mampu membentuk personel-personel satpam yang unggul dengan penguasaan berbagai jenis kemampuan meliputi kemampuan dasar, menengah dan manajerial," kata Kapolri yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam HUT ke-34 Satpam di Jakarta, Rabu.

Dalam pidatonya, ia menjelaskan dalam kurun waktu 34 tahun, satuan pengamanan telah mampu menunjukkan kinerja yang baik khususnya dalam membantu Polri membina kamtibmas dan menumbuhkan kesadaran serta kewaspadaan keamanan.

Kapolri juga menyoroti tentang peran satuan pengamanan dalam kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2014.

Dalam melaksanakan tugas di masa mendatang, pihaknya mengatakan peranan satpam semakin dibutuhkan sebagai kepanjangan tangan dari Polri. "Polri nggak bisa bekerja sendiri karena itu diperlukan dukungan satuan pengamanan untuk bersinergi demi kamtibmas yang kondusif," katanya.

Untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas satpam, menurut dia, diperlukan upaya peningkatan kapasitas personel yang lebih masif diantaranya melalui pelatihan peningkatan mutu yang diselenggarakan Polri maupun yang diadakan badan usaha jasa pengamanan.

"Integritas anggota satpam juga perlu diperhatikan melalui pembinaan dan pengawasan oleh Polri bersama badan usaha jasa pengamanan," kata Kapolri.

Ribuan satpam menghadiri HUT Satpam Ke-34 pada Rabu, di Jakarta. HUT Satpam yang diperingati setiap 30 Desember ini bertema "Melalui Peringatan HUT ke-34 Satpam Kita Tingkatkan Kompetensi Satpam Dalam Implementasi Sistem Manajemen Pengamanan Guna Terciptanya Keamanan dan Ketertiban di Lingkungan Kerja".

Pewarta: Anita P Dewi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015