Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo menyatakan calon Kapolri, Komjen Pol Budi Gunawan yang diajukan Presiden Joko Widodo sudah memenuhi kriteria.

"Menurut saya calon yang diajukan presiden ini sebenarnya telah memenuhi kualifikasi sebagai Kapolri. Paling tidak dia pernah memimpin wilayah menjadi Kapolda sebanyak dua kali," kata Bambang di Jakarta, Sabtu.

Sedangkan uji kepatutan dan kelayakan terhadap Budi Gunawan akan dilakukan dalam satu dua pekan depan.

"Menoleh ke belakang sejarah uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri maupun Panglima TNI di DPR, ujung-ujungnya DPR menerima juga usulan presiden itu," kata Sekretaris Fraksi Partai Golkar itu.

Bambang juga menyebutkan, ada isu rekening gendut yang dikaitkan dengan Budi Gunawan, sebenarnya sudah diklarifikasi oleh mantan Kapolri Bambang Hendarso Danuri saat rapat dengan Komisi III DPR RI.

"Komisi III DPR RI sebenarnya sudah mendapat klarifikasi dari Bambang Hendarso Danuri. Yang bersangkutan sudah diperiksa institusi Polri dan hasilnya clear," ujar Bambang.

"Fraksi Golkar sendiri mendukung pencalonan Konjen Pol Budi Gunawan yang diajukan presiden sebagai Kapolri mengantikan Jenderal Pol Sutarman tersebut," demikian Bambang.




Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015