Pospam dan pos pelayanan akan ditempatkan pada jalur-jalur mudik yang rawan kecelakaan lalu lintas dan antrean kendaraan.
Gunung Kidul (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan langkah-langkah strategis pengamanan untuk mengatisipasi kecelakaan lalu lintas dan kepadatan kendaraan pada jalur mudik dan jalur menuju objek wisata.

Kapolres Gunung Kidul AKBP Faried Zulkarnaen di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan langkah tersebut antara lain pembuatan enam pos pengamanan (Pospam) dan satu pos pelayanan.

"Pospam dan pos pelayanan akan ditempatkan pada jalur-jalur mudik yang rawan kecelakaan lalu lintas dan antrean kendaraan," kata Faried usai rapat koordinasi dengan Pemda Gunung Kidul.

Ia mengatakan enam pospam tersebut akan dipusatkan di Kali Pentung Patuk, depan Pasar Argosari, Terminal Wonosari, Depan Kecamatan Semin, Pantai Baron, Pantai Pulang Sawal (Indrayanti).

Sementara satu pos pelayanan akan ditempatkan di Rest Area Bunder Gading atau jalan Yogyakarta--Wonosari Km 25.

Ia mengimbau pemudik dan wisatawan yang akan ke Gunung Kidul perlu berhati-hati, khususnya di jalan yang rawan kecelakaan. Adapun titik yang rawan kecelakaan lalu lintas yakni tanjakan barat TPR Tepus, tanjakan Kukup, tanjakan selatan TPR Pulegundes Tepus, tanjakan Sundak Arah Pulegundes, jalan jalur lintas selatan (JJLS) Panggang--Baron Jetis Saptosari, jembatan baru Putat Patuk, hutan Tleseh Tahura Playen, depan lapangan Gading Playen.

"Kami mengimbau pemudik dan pengendara kendaraan bermotor untuk mengurangi kecepatan dan lebih hati-hati dalam berkendara," kata dia.

Sementara, titik macet tertumpu di objek-objek wisata yakni depan tempat pembayaran retribusi (TPR) Pantai Baron, simpang tiga Pantai Kukup, tanjakan Kukup, simpang tiga Baron, lokasi parkir Pantai Pulang Syawal, simpang tiga Pantai Pulogundes, simpang tiga Mulo, simpang empat Sumur Bor, simpang tiga Gading dan simpang empat Gading.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan untuk menambah jumlah personel pemungut retribusi, supaya antrean kendaraaan wisatawan dapat diatasi," kata dia.

Selain itu, ia mengatakan Polres Gunung Kidul akan melakukan rekayasa arus yang berlalu pada hari Lebaran hingga H+7 Lebaran. Rekayasa arus ini dikhususkan di jalur yang akan menuju objek wisata pantai.

Adapun rekayasa arus yakni arus lalu lintas masuk wisata pantai diberlakukan satu arah mulai dari simpang tiga Mulo Wonosari sampai Pantai Baron. Bus besar keluar melalui jalur barat (JJLS Baron). Kendaraan pribadi yang menuju pantai kawasan timur lewat jalur Tepus (Simpang Tiga Mulo ke kiri).

Kendaraan dari Bantul lewat JJLS. Kendaraan dari Kota Jogja--Wonosari yang menuju pantai diarahkan lewat Paliyan--Saptosari sampai JJLS mulai dari simpang tiga Gading Playen. Simpang tiga Sundak semua pengendara dilarang lewat TPR Pulegundes.

"Kami berharap, kemacetan di objek wisata dapat diminimalkan. Kami juga akan menyiapkan 410 personel untuk menjaga kelancaran arus mudik nanti," kata dia.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013