Ruas jalan ini sangat rawan kecelakaan. Hal ini disebabkan oleh jalan yang lurus, dan minimnya lampu penerangan jalan umum.
Kulon Progo (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau kepada calon pemudik yang melalui jalan utama Wates--Purworejo untuk mewaspadai ruas jalan sepanjang ruas Temon--Sogan dan Milir--Sentolo.

"Ruas jalan ini sangat rawan kecelakaan. Hal ini disebabkan oleh jalan yang lurus, dan minimnya lampu penerangan jalan umum (PJU)," kata Kasat Lantas Polres Kulon Progo, AKP Dedi Surya Dharma, di Kulon Progo, Senin.

Lokasi yang harus diwaspadai, kata Dedi, yakni simpang tiga pasar Sentolo maupun wilayah tikungan tajam di wilayah Sukoreno.

"Jika dibutuhkan, kami akan pasang lampu rambu lalu lintas di sekitar situ. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk penambahan penerangan jalan di titik tertentu. Target kami, bisa menurunkan angka kecelakaan dari tahun sebelumnya," kata dia.

Selain itu, ia mengatakan, berdasarkan koordinasi dengan Dishubkominfo telah menyiapkan beberapa jalur alternatif untuk mudik. Jalur utama mudik yakni Wates--Purworejo yakni Temon--Demen--Sogan--Toyan--Wates--Milir--Sentolo--Yogyakarta.

Adapun jalur alternatif meliputi jalur lintas selatan (JJLS) melalui rute Congot--Brosot--Galur--Bantul atau melaui jalan Daendels. Pada jalur utama selatan, kendaraan dari Purworejo bisa diarahkan ke jalur alternatif Toyan--Panjatan--Brosot--Pandak (Bantul)--Palbapang.

Sementara itu, untuk arus kendaraan jalur Magelang--Kulon Progo, pihaknya menyiapkan dua jalur alternatif. Yakni rute Klangon--Sentolo--Wates--Purworejo. Kemudian rute dari utara ke selatan yakni Tempel--Sedayu--Sentolo--Wates--Purworejo.

"Jalur alternatif ini memang sengaja dibuat, karena untuk menghindari antrean kendaraan di simpang tiga toyan. simpang tiga Terminal Wates dan simpang lima Karangnongko. Sebab, antrean kendaraan di lokasi ini dapat mencapai 1,5 kilometer (km) hingga 2 km," kata dia.

Selain itu, kata Dedi, Polres Kulon Progo menyiapkan lima pos pengamanan (Pospam) akan didirikan di beberapa titik jalan yakni Demen dan Glagah (Temon), Terminal Wates, Ngeseng (Sentolo), dan Stasiun Wates serta Dekso (kalibawang).

"Jumlah Pospam ini lebih banyak dibandingkan pada Lebaran 2012. Sebab, ada penambahan di Dekso, Kecamatan Kalibawang yang masuk dalam rute jalur mudik," kata dia.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013