Mahasiswa tidak perlu menulis biodata atau formulir tinggal pembayaran, dan melakukan registrasi melalui akun masing-masing,"
Padang (ANTARA News) - Proses registrasi dan pendaftaran ulang mahasiswa baru Universitas Andalas (Unand) Padang jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 sepenuhnya dilakukan secara online.

"Mahasiswa tidak perlu menulis biodata atau formulir tinggal pembayaran, dan melakukan registrasi melalui akun masing-masing," kata Kepala Divisi Litbang Lembaga Pengembangan Teknologi dan Informasi Unand Hendra Gunawan di Padang, selasa.

Hendra menjelaskan mahasiswa baru SNMPTN yang telah dinyatakan lulus melakukan pra-registrasi melalui situs yang telah ditentukan.

Kemudian melakukan pembayaran sesuai golongannya pada bank yang telah menjadi mitra Unand.

Setelah selesai pembayaran, imbuhnya, mahasiswa baru Unand ini akan mendapatkan langsung Nomor Induk Mahasiswa (NIM), dengan "user name" serta "password" untuk masuk ke dalam akun masing-masing.

Melalui akun inilah mahasiswa harus mengisi biodata yang lengkap sesuai petunjuk di dalamnya. Kemudian data mahasiswa akan langsung dikirimkan ke program studi sesuai pilihannya.

Sementara mahasiswa dinyatakan selesai registrasi dan menunggu tes lain sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Dengan adanya ini dapat memudahkan mahasiswa dalam melakukan pendaftaran," katanya.

Meskipun demikian jika terjadi kesalahan dapat langsung memperbaikinya ke LPTIK Unand, imbuhnya.

Sementara itu, Hendra juga menyebutkan masa pembayaran dan registrasi untuk mahasiswa baru jalur SNMPTN ini dimulai sejak 10 Juni lalu dan berakhir pada 17 juni.

Sejauh ini masih ada 369 mahasiswa yang lulus di Unand belum melakukan pra registrasi.

Unand sendiri masih memberikan kesempatan kepada mahasiswa baru tersebut untuk melakukan pra registrasi dan pembayaran

Jika tetap tidak teregistrasi hingga jadwal yang telah ditentukan urusan selanjutnya akan ditentukan oleh bagian akademis Unand.

Setelah itu mahasiswa akan memverifikasi data pada tanggal 18 hingga 20 juni. Pada masa itu semua mahasiswa baru ini wajib hadir di kampus untuk memastikan datanya.

"Ini juga sekaligus untuk mengevaluasi mahasiswa baru jalur SNMPTN yang ikut SBMPTN nantinya," ujarnya.

(KR-IWY/N005)

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013