Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) menerima 2.351 mahasiswa baru S1 reguler dari total pendaftar Seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 sebanyak 67.829 peserta.

"Lebih dari 50 persen pendaftar SNMPTN tersebut, yaitu sebanyak 36.120 peserta, memilih UI sebagai PTN pilihan pertama," kata Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia Farida Haryoko di Depok, Jumat.

Ia mengatakan pada 2013 ini, UI menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur penerimaan yaitu SNMPTN, SBMPTN (jalur tertulis) (periode pendaftaran 13 Mei - 7 Juni 2013), dan SIMAK UI (periode pendaftaran 6 Mei - 7 Juni 2013).

"Pada rumpun ilmu sains dan teknologi, jurusan dengan peminat paling tinggi adalah Ilmu Komputer dengan jumlah peminat 1.312 orang," katanya.

Lebih lanjut pada rumpun ilmu kesehatan, program studi Pendidikan Dokter menjadi prodi yang paling diminati dengan jumlah pemilih sebanyak 2.440 pendaftar. Sedangkan pada rumpun sosial dan humaniora, jurusan yang paling diminati adalah Akuntansi dengan jumlah peminat 3.022 orang.

Dikatakannya sesuai dengan ketetapan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI terhadap kuota minimum SNMPTN yaitu sebesar 50 persen, UI sebagai PTN tertua di Indonesia mematuhi peraturan pemerintah ini dengan menyediakan kuota sebesar 50 persen untuk penerimaan Mahasiswa Baru melalui Jalur SNMPTN.

Kuota sisanya diperebutkan melalui jalur SBMPTN (kuota 25 persen) yang telah membuka penerimaan mahasiswa baru secara online melalui laman www.ujian.sbmptn.or.id (periode pendaftaran 13 Mei - 7 Juni 2013) dimana pelaksanaan ujian akan dilaksanakan pada 18-19 Juni 2013 dan hasil seleksi akan diumumkan pada 12 Juli 2013.

Pintu terakhir untuk masuk ke UI adalah melalui Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) dengan kuota sebesar 25 persen yang juga telah membuka penerimaan mahasiswa baru melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id (periode pendaftaran 6 Mei - 7 Juni 2013).

Ujian akan dilaksanakan serempak pada 30 Juni 2013 di 17 kota di Indonesia (Jakarta, Tangerang Selatan, Serang, Depok, Bekasi, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Medan, Padang, Bukit Tinggi, Pekanbaru, Palembang, Cirebon) dan akan diumumkan pada 19 Juli 2013.

SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan Panitia Pelaksana yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional yang didasarkan pada penjaringan prestasi akademik, tanpa ujian tulis, yang ditujukan kepada siswa/i SMA/SLTA/Sederajat.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013