Seluruh Papua diharapkan dapat merayakannya."
Sentani (ANTARA News) - Perayaan 1 Mei atau hari kembalinya Papua ke pangkuan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) rencananya akan dipusatkan di wilayah Sorong, Papua Barat. Demikian disampaikan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua kepada wartawan, Jumat di Sentani.

"Seluruh Papua diharapkan dapat merayakannya," ujar Pangdam.

Pangdam menjelaskan perayaan 1 Mei kali ini berpusat di Sorong karena menurut sejarah, tentara Indonesia mulai mengusir penjajah diawali di wilayah Sorong.

"Nah akhirnya diputuskan akan dirayakan cukup besar-besaran di Sorong," tegasnya.

Ia mengatakan perayaan 1 Mei di Sorong ini akan dilakukan oleh Gubernur Papua Barat beserta perangkatnya dibantu oleh jajaran TNI.

"Bisa jadi tahun depan akan diselenggarakan pula di Jayapura, itu tidak menutup kemungkinan," urainya.

Pangdam menambahkan perayaan kembali Papua ke pangkuan NKRI ini akan dilaksanakan secara bergantian di beberapa wilayah di Papua maupun di Papua Barat.

Perayaan kembalinya Papua ke pangkuan NKRI yang jatuh pada tanggal 1 Mei tersebut, biasanya dari tahun ke tahun dirayakan secara besar-besaran oleh TNI dibantu dengan pemerintah daerah setempat.

Hal ini dibuat agar masyarakat mengingat kembali jasa-jasa pahlawan yang sudah mengorbankan nyawanya untuk merebut kemerdekaan yang saat ini dinikmati masyarakat luas di bumi Cenderawasih.  (*)

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013