Nevada (ANTARA News)- Julio Cesar Chavez Jr. dihukum sembilan bulan dan denda sebesar 900.000 dolar oleh Komisi Atletik Negara Bagian Nevada, Kamis, karena gagal dalam tes obat terlarang setelah kalah atas Sergio Martinez pada pertandingan September, demikian menurut Top Rank Boxing.

Chavez (27) positif menggunakan marijuana setelah kalah angka atas petinju Argentina Martinez pada perebutan gelar kelas menengah Dewan Tinju Dunia (WBC) di Las Vegas pada 15 September.

Petinju Meksiko itu baru boleh aktif berlaga pada 15 Juni. Namun, pengacara Chavez menyatakan akan naik banding karena hukuman dan denda yang dijatuhkan padanya tidak sebanding, karena ia tidak menggunakan obat untuk meningkatkan penampilannya, kata Top Rank, yang mewakili Chavez Jr.

Hukuman denda itu merupakan potongan sebesar 30 persen dari jumlah bayaran yang diterima Chavez sebesar tiga juta dolar saat melawan Martinez.

Keputusan badan komisi atletik itu dikaitkan dengan masalah doping Chavez pada 2009 ketika ia disebut positif menggunakan obat terlarang.

Chavez dihukum tujuh bulan ketika itu, yang juga berakibat pada kemenangannya ketika melawan Troy Rowland, yang akhirnya diubah menjadi "tak ada keputusan", demikian seperti yang dikutip dari Reuters.

(A008)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013