Fed akan membeli efek surat utang jangka panjang setelah program untuk memperpanjang jatuh tempo rata-rata kepemilikan atas sekuritas surat utang negara selesai pada akhir tahun, awalnya pada kecepatan 45 miliar dolar AS per bulan."
Washington (ANTARA News) - Federal Reserve atau bank sentral AS pada Rabu mengumumkan, mereka akan terus membeli sekuritas surat utang negara jangka panjang atau obligasi AS.

Fed juga mempertahankan suku bunga jangka pendeknya mendekati nol sampai tingkat pengangguran di negara itu turun di bawah 6,5 persen, sehingga merangsang pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, lapor Xinhua.

Bank sentral mengatakan bahwa pihaknya akan membeli utang jangka panjang pemerintah AS pada kecepatan 45 miliar dolar AS per bulan mulai Januari, sebuah langkah untuk memperluas program pelonggaran kuantitatif putaran ketiga, juga dikenal sebagai QE3.

"Fed akan membeli efek surat utang jangka panjang setelah program untuk memperpanjang jatuh tempo rata-rata kepemilikan atas sekuritas surat utang negara selesai pada akhir tahun, awalnya pada kecepatan 45 miliar dolar AS per bulan," kata pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan kebijakan dua hari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), panel pengaturan suku bunga Fed.

Bank sentral AS memutuskan untuk mempertahankan kisaran target untuk suku bunga federal fund pada 0 hingga 0,25 persen, dan mengantisipasi bahwa rentang sangat rendah untuk suku bunga federal fund ini akan sesuai asalkan tingkat pengangguran tetap di atas 6,5 persen dan inflasi diproyeksikan tidak lebih dari 2,5 persen "antara satu dan dua tahun ke depan," menurut pernyataan itu. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012