Jakarta (ANTARA) - Generasi Penerus Tibta (GP Tibta) menggelar tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta pada Minggu (25/9) untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-34 GP Tibta.

“Dalam rangka memperingati HUT Ke-34 GP Tibta, kami mengadakan rangkaian peringatan HUT GP Tibta (Generasi Penerus Tibta) berupa acara ziarah tabur bunga di makam para orang tua kami,” kata Ketua Panitia HUT Ke-34 GP Tibta Sigit Karyadi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Sigit menjelaskan bahwa acara tabur bunga tersebut bertujuan untuk mengenang jasa, mendoakan, mengingat kembali, dan memberikan hormat kepada para orang tua yang telah wafat dan berjuang untuk keluarga.

Bersama-sama, tutur Sigit, pihaknya saling menghormati, salut, berkumpul, bersilaturahmi, dan saling bersalaman satu sama lain kepada sesama GP Tibta dari mana pun berada dan berasal, tepatnya dari Jawa Barat, Papua, Sumatera, Kalimantan, serta unsur TNI/Polri.

“Peletakan karangan bunga di pusara makam orang tua kami sebagai simbol perwakilan makam-makam lainnya, penghargaan dan penghormatan, serta dilanjutkan dengan penaburan bunga di atas pusara makam para almarhum TIBTA 65 sekitar kawasan TMP Kalibata,” ucapnya.

Sigit mengatakan bahwa kegiatan ziarah dipimpin oleh Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto sebagai ketua rombongan.

Rangkaian penaburan bunga diawali dengan penghormatan umum kepada arwah para TIBTA 65 yang telah wafat dipimpin oleh Ketua Umum GP Tibta Kol. Inf. Elkines, selanjutnya pembacaan 358 nama para orang tua GP Tibta yang telah wafat dan dimakamkan secara tersebar di seluruh wilayah NKRI.

“Serta doa dihantarkan secara umum oleh GP Tibta, kemudian peletakan karangan bunga berlokasi di area pusara atau makam pendiri GP Tibta Alm. Mayjen TNI (Purn) Theo Syafei,” kata Sigit memaparkan rangkaian acara.

Selanjutnya adalah peletakan karangan bunga oleh Gubernur Lemhanas RI Andi Widjajanto.

Generasi Penerus Tibta merupakan perkumpulan, wadah, serta ikatan untuk mempererat kerukunan persaudaraan silaturahmi (putra-putri) dari para orang tua abituren Akmil/AMN 1965 (Tibta 65/Tidar Bhakti Tiada Akhir).

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022