mengimbau para aparatur sipil negara bisa menjadi contoh
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan gerai vaksinasi COVID-19 di Kantor Gubernur setempat guna mempercepat pencapaian vaksin dosis tiga yang saat ini masih cukup rendah.

"Kami mengimbau para aparatur sipil negara bisa menjadi contoh yang baik untuk masyarakat dengan melengkapi vaksinasi hingga dosis tiga," kata Sekretaris Daerah Provinsi Babel Naziarto di Pangkalpinang, Senin.

Naziarto mengakui capaian vaksin COVID-19 dosis tiga di kalangan pegawai ASN Pemprov Babel baru mencapai 40 persen, sehingga perlu adanya gerakan bersama melalui Dinas Kesehatan Babel dengan terus menggencarkan pelayanan.

"Baru 40 persen ASN kita yang sudah lengkap sampai dosis toga ini capaian rendah jika dibandingkan daerah lain. Untuk itu kita buat surat edaran agar ASN beserta keluarganya bahkan tetangganya diharap segera booster di klinik yang sudah disiapkan atau di unit pelayanan terdekat," katanya.

Baca juga: Satgas: 23,36 persen warga Babel terima vaksin booster
Baca juga: Lima dari tujuh kabupaten di Babel tanpa COVID-19

Menurut dia, sebagai abdi negara para ASN harus berjibaku mengajak keluarga dan tetangganya untuk ikut vaksin agar negara kita menjadi negara yang sehat dan kuat, karena Indonesia menjadi salah satu negara yang paling cepat menuntaskan vaksin.

"Kembali saya imbau ASN, ayo segera booster agar daya tahan tubuh kita sehat dan kuat. ASN harus menjadi pelopor menuntaskan capaian vaksinasi COVID-19," ujarnya.

Penanggungjawab Pelaksanaan Vaksin di Klinik Kesehatan Pemprov Babel, Aria mengatakan, Dinas Kesehatan Babel menyiapkan 180 dosis vaksin dosis satu dan dua, serta booster satu untuk ASN dan masyarakat.

"Kita cuma sediakan dua merek vaksin, Astrazeneca dan Pfizer karena merek moderna sedang kosong. Efek samping vaksin tergantung individu masing-masing," ujarnya.

Aria berharap selama dibukanya gerai vaksin di Ruang Belimbing Kantor Gubernur Babel, ASN dan keluarga serta masyarakat sekitar dapat memanfaatkannya untuk melakukan vaksin.

"Gerai dibuka dari hari ini hingga Jumat pukul 08.00-14.00 WIB. Kami minta ASN segera melakukan vaksinasi dan segera melengkapi dosis sesuai anjuran karena saat ini masih dalam status pandemi," katanya.

Baca juga: Epidemiolog: Perlu terus tingkatkan ketaatan pemakaian PeduliLindungi

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022