peserta merupakan nelayan
Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Kota Surabaya menggelar Lomba Perahu Layar di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Kota Pahlawan, Jawa Timur pada 13-14 Agustus 2022 dalam rangka memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia.

"Peserta merupakan nelayan yang beradu dalam kecepatan dan keindahan perahu sesuai dengan kreatifitas masing-masing," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji di Surabaya, Senin.

Selain itu, lanjut dia, mulai 8-15 Agustus 2022 juga digelar lomba antar-Organisasi Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkot Surabaya meliputi Lomba Bola Voli Campuran, Lomba Tenis Meja, Lomba Tarik Tambang, Lomba Hadang Putri, Lomba Panjat Pinang, Lomba Estafet tradisional hingga lomba gepuk bantal.

Adapun lokasi lomba tersebut terdapat tiga venue yaitu di Gelora Pancasila, THP Kenjeran serta lantai 3 Ruang Serba Guna Satpol PP Surabaya.

Baca juga: Lomba perahu naga semarakkan HUT ke-724 Surabaya
Baca juga: Antusias, warga Bulungan saksikan lomba perahu naga

Armuji mengatakan, sekitar dua tahun aktivitas atau kegiatan masyarakat dibatasi dampak pandemi COVID-19, sehingga baru tahun ini bisa memeriahkan peringatan Kemerdekaan Indonesia dengan berbagai lomba.

"Tidak hanya di kampung-kampung, kami juga tidak mau kalah dan menggelar berbagai lomba yang melibatkan banyak pihak. Surabaya itu Kota Pahlawan sehingga harus memiliki andil besar dalam memeriahkan HUT ke-77 RI," ujar Armuji.

Dia juga mengajak agar masyarakat turut melibatkan pelaku UMKM dalam kegiatan-kegiatan kampung untuk menyambut HUT RI seperti dalam syukuran malam tirakatan yang menyajikan berbagai macam tumpeng dan makanan tradisional sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Semangat kebersamaan harus dijunjung bersama. Kita tidak bisa merdeka kalau tanpa gotong royong. Sudah banyak buktinya, berbagai tantangan mampu dihadapi kalau kita memiliki semangat itu," kata Armuji.

Armuji mengatakan, dengan diadakannya lomba Perahu Layar di THP Kenjeran diharapkan mampu mendongkrak wisatawan domestik maupun mancanegara sehingga memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Baca juga: Lomba perahu hias-toto meriahkan "Grand Launching" Garuda di Lautku

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022