Medan (ANTARA) - PT Angkasa Pura Aviasi selaku pengelola menyebut Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara, menerbangkan 413 orang jamaah umrah langsung ke Madinah, Arab Saudi di masa pandemi COVID-19.

"Satu pesawat membawa jamaah umrah berangkat dari Kualanamu langsung ke Madinah kemarin (Ahad, 7/8) pukul 13.40 WIB," kata Head Of Corporate Secretary and Legal PT Angkasa Pura Aviasi, Dedi Al Subur di Medan, Senin.

Mereka menggunakan maskapai Lion Air nomor penerbangan JT 0084 dari Bandara Internasional Kualanamu tujuan Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz Madinah.

Bandara Internasional Kualanamu telah melayani penerbangan langsung jamaah umrah ke Arab Saudi, setelah dua tahun terakhir sempat ditutup akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Arab Saudi buka seluas-luasnya kuota umrah 1444 H

Baca juga: Masih di Madinah, 115 jamaah haji Kabupaten Bangka kondisinya sehat


Tercatat penerbangan umrah perdana di Bandara Internasional Kualanamu dengan maskapai Lion Air nomor penerbangan JT 1112 menggunakan pesawat jenis Airbus 333 membawa 424 orang di Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, Selasa (24/5) pukul 09. 30 WIB.

"Keberangkatan 413 orang jamaah umrah dari Kota Medan itu, merupakan kali pertama menunaikan ibadah umrah di tahun baru Islam 1444 Hijriah," ucap Dedi.

Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman, mengapresiasi karena mereka berangkat setelah musim haji 

Selain itu, Pemerintah Kota Medan mengapresiasi Bandara Internasional Kualanamu karena telah menunjukkan banyak perubahan, terutama dalam hal pelayanan angkutan udara.

"Alhamdulillah, semua difasilitasi dan dilayani dengan cukup baik. Insya Allah, Kualanamu ke depan menjadi bandara internasional yang luar biasa di Kota Medan," tutur Aulia ketika melepas keberangkatan 413 orang jamaah umrah di Deli Serdang, Sumut, Ahad (7/8).*

Baca juga: Jamaah haji Belitung jaga kesehatan jelang kepulangan

Baca juga: Kerja sama Kemenag Bangka-Pos Indonesia angkut koper jamaah haji

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022