Jambore ini sebagai wadah untuk meningkatkan ketrampilan peserta didik
Sentani (ANTARA) - Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua mengirim 18 anggota untuk mengikuti Jambore Nasional XI di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur Jakarta pada 14-21 Agustus 2022.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura Alex Dusay di Sentani, Senin, mengatakan keberangkatan seluruh peserta akan dilaksanakan secara bertahap yakni pada 9 Agustus 2022 untuk tim yang bertugas menyiapkan lokasi di Jakarta untuk peserta Jambore dari Bumi Kenambai Umbai.

"Sementara pada 11 Agustus 2022 ke 18 peserta akan berangkat dan 13 Agustus 2022 akan disusul oleh para pembina cabang," katanya.

Dia menjelaskan Kwarcab Pramuka Kabupaten Jayapura mengirim sebanyak 37 orang termasuk dengan tim pelatih, para pembina maupun peserta dari delapan Kwartir Ranting (Kwarran) Pramuka yang masih aktif di wilayah tersebut.

Baca juga: Kwarcab Pramuka Kota Jayapura kirim 16 peserta ke Jambore Nasional XI
Baca juga: Gubernur minta kontingen Papua Barat tingkatkan ilmu di Jambernas 2022

Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Wakamabicab) Giri Wijayantoro berharap melalui Jambore Nasional XI kontingen dari wilayah tersebut menjadi duta pramuka yang tangguh dan hebat.

"Ikutilah seluruh kegiatan Jambore dengan semangat tinggi, disiplin dan tunjukkan pada pramuka penggalang dari daerah lain bahwa dari ujung timur Nusantara semangat tunas kelapa terpatri dalam lubuk sanubari," katanya saat melepas peserta jambore di Kantor Bupati Jayapura, Senin.

Menurut Giri, gerakan pramuka merupakan pendidikan non formal yang bertujuan membentuk karakter anak bangsa menuju Indonesia yang sejahtera dalam menghadapi  dunia globalisasi.

"Sehingga diharapkan Jambore ini sebagai wadah untuk meningkatkan ketrampilan peserta didik tetapi juga gerakan pramuka dapat mewadahi generasi muda bangsa untuk mengembangkan talenta," ujarnya.

Dia menambahkan kontingen Jambore Nasional XI Kwarcab Kabupaten Jayapura diharapkan menjaga nama baik daerah dan bersikap berkarakter yang sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka.

"Perkenalkan Kabupaten Jayapura dari sisi seni, budaya dan kerukunan beragama bagi kontingen lain bahwa Kabupaten Jayapura berkualitas, sejahtera dan ramah," ujarnya lagi.

Alex Dusay  menambahkan peserta Jambore baru akan kembali ke Kabupaten Jayapura pada 23 Agustus 2022.

"Kami berikan kesempatan dua hari kepada anak-anak kami di Jakarta untuk mengunjungi monumen nasional setelah itu baru kembali," katanya.

Baca juga: Pramuka Kotawaringin Timur kirim peserta terbanyak ke Jambore Nasional

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022