Sebagai salah satu perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia, pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) merupakan salah satu fokus berbagai kegiatan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang kami jalankan
Mataram (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Nusa Tenggara Barat yang akan menggelar "Rinjani Color Run 2022" serta "Seruput Kopi Sembalun bersama 5.000 Peserta" di ketinggian 1.056 meter di atas permukaan laut (mdpl) pada 20 Agustus 2022 di kawasan kaki Gunung Rinjani mendapat dukungan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN).

"Ajang 'Rinjani Color Run 2022' ini diadakan sebagai salah satu upaya dalam rangka membangkitkan dunia pariwisata di NTB, utamanya usai meredanya COVID-19," kata 
Kepala LKBN ANTARA Biro NTB Riza Fahriza di Mataram, Senin.

Ia  mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sumbangsih LKBN ANTARA Biro NTB untuk kemajuan dunia pariwisata di Pulau Lombok.

“Salah satu unsur keunikan dalam kegiatan ini adalah setelah para peserta selesai mengikuti berlari santai, mereka dapat melanjutkan dengan minum kopi secara bersama-sama. Sehingga diharapkan, para peserta juga dapat diperkenalkan dengan kopi Sembalun yang merupakan kopi khas yang berada di kaki Gunung Rinjani”, kata Riza Fahriza.

Sementara itu, Head of Corporate Communications AMMAN Kartika Octaviana, menjelaskan bahwa dukungan ini merupakan salah satu dukungan perusahaan dalam memromosikan pariwisata berkelanjutan di Nusa Tenggara Barat melalui produk khas dari wilayah tersebut.

“Sebagai salah satu perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia, pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) merupakan salah satu fokus berbagai kegiatan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang kami jalankan," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap melalui "Rinjani Color Run" 2022 berbagai potensi yang terdapat di wilayah tersebut dapat diketahui sehingga memberikan dampak positif kepada masyarakat serta para pelaku wisata.

"Sekaligus meningkatkan kunjungan wisata ke Lombok dan Sumbawa," katanya.

Rinjani Color Run 2022 ditargetkan akan diikuti oleh lebih dari 2.000 peserta yang berasal dari berbagai kalangan.

Lokasi penyelenggaraan yang berada di wilayah penyangga Gunung Rinjani, yaitu Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, juga dapat menjadi magnet tersendiri bagi pehobi kegiatan olahraga alam bebas maupun pecinta wisata alam karena pemandangan alamnya yang sangat eksotik.

Baca juga: Bakal dibuka Menparekraf, ANTARA NTB gelar"Rinjani Color Run 2022"

Baca juga: Pemprov NTB dukung ANTARA NTB Rinjani Color Run 2022

Baca juga: Rinjani Color Run 2022 masuk kalender pariwisata tahunan Lombok Timur

Baca juga: Warga antusias sambut ANTARA NTB Rinjani Color Run 2022

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022