Jakarta (ANTARA News) - Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Utara berhasil memadamkan api yang menghanguskan 50 rumah di Jalan Perintis Kemerdekaan, RT 11, RW 4, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Sabtu malam.

Kepala Seksi Operasi Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Utara, Nurdin Silalahi, mengatakan bahwa api berasal dari arus pendek listrik dari salah satu rumah warga.

Sedikitnya 18 unit mobil dinas pemadam kebakaran dari wilayah Jakarta Utara, Pusat, dan Jakarta Timur dikerahkan. "Api berasal dari salah satu rumah tempat usaha kayu," kata Nurdin.

Petugas sempat kesulitan untuk memadamkan api, lantaran banyaknya drum bekas oli yang terbakar, bahkan tabung gas pun juga meledak. 

"Ledakan berasal dari tabung gas yang berada dari salah satu rumah warga," ujarnya.

Api baru dapat dipadamkan empat jam kemudian setelah seluruh personil petugas dikerahkan. "Saat ini sedang dilakukan pendinginan," katanya.

Akibat peristiwa tersebut, sebanyak 98 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.

Dalam proses pemadaman, arus lalu lintas di Jalan Perintis Kemerdekaan dari arah Senen sempat ditutup, pengendara dialihkan melintasi jalan Budi Griya Permai Kelapa Gading, bagi mereka yang akan menuju Pulogadung.

Menurut Iwan (46) warga sekitar, ada dua warga, yakni Maman (32) dan Bambang (45) terluka akibat terkena puing akibat mencoba menyelamatkan barangnya dibawa ke rumah sakit terdekat. (PSO-008/M011)

Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2011