Indianapolis, Indiana (ANTARA News) - Para pebalap IndyCar dan ofisial mendiskusikan faktor keamanan dalam balapan itu, delapan hari setelah pebalap Inggris Dan Wheldon tewas akibat tabrakan beruntun yang melibatkan 15 mobil.

"Kami bereaksi atas situasi kritis ini dan kami mendiskusikan apa yang terjadi belakangan ini di lintasan balap," kata pebalap empat kali juara IndyCar Dario Franchitti dari Skotlandia.

"Bila hanya berbicara dan tunjuk tangan tidak akan menyelesaikan apa pun. Kami berkumpul dan bersatu untuk membicarakan keselamatan dan keamanan di masa depan," katanya.

Franchitti menjadi pengusung jenazah dalam pemakaman Wheldon di Florida, Sabtu, dan ia juga menghadiri acara penghormatan di depan publik atas pebalap dua kali juara Indianapolis 500 itu di Indianapolis, Minggu.

Ia mengatakan, ia dan para pebalap lain akan berusaha mencari sisi positif atas tragedi itu, kendati pebalap Brazil Tony Kanaan menyatakan risiko tetap tinggi dalam olahraga keras itu.

"Kita bukan mau membuat olahraga otomotif aman 100 persen, itu kenyataannya," kata Kanaan, "Tapi ada sesuatu yang harus dilakukan untuk membuat balapan semakin baik dan semakin aman,"  kata Franchitti.
(A008/A011)
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011