...jamaah perempuan tersebut terutama yang tidak didampingi muhrim, diminta untuk berhati-hati dan mewaspadai tindak kejahatan saat berada di Tanah Suci...
Padang (ANTARA News) - Calon jamaah haji Sumatera Barat hingga kelompok terbang (kloter) V dari 1.792 orang, sebanyak 1.029 orang di antaranya merupakan perempuan.

Menurut Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang, Japeri Jarab, Jumat, hal itu terjadi karena banyak jamaah perempuan yang berangkat dengan status janda sehingga mereka memilih berangkat bersama teman-teman perempuan.

Selain itu, kata dia, juga ada jamaah perempuan yang berangkat dengan muhrim yang juga perempuan seperti anak kandungnya.

"Kepada jamaah perempuan tersebut terutama yang tidak didampingi muhrim, diminta untuk berhati-hati dan mewaspadai tindak kejahatan saat berada di Tanah Suci," lanjut dia.

Selain itu jika hendak bepergian sebaiknya jangan sendiri dan harus bersama-sama dengan teman yang dikenal.

Ia mengingatkan jangan percaya kepada orang yang berpura-pura menawarkan bantuan karena itu bisa saja hal itu merupakan salah satu modus kejahatan.

Sementara, hingga kloter V Embarkasi Padang, sebanyak 1.792 jamaah telah berada di Arab Saudi dengan selamat.

Saat ini semua jamaah berada dalam kondisi yang sehat dan tengah mengikuti shalat arbain yaitu shalat wajib selama 40 waktu tanpa terputus di Masjid Nabawi, kata dia.

Pada Jumat juga telah diberangkatkan kloter VI dengan 355 jamaah didampingi lima petugas haji dari Bandara Internasional Minangkabau pada pukul 15.30 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airbus 330 seri 300.

Kloter VI Embarkasi Padang berasal dari Kabupaten Bengkulu, Kabupaten Muko-Muko dan Kota Padang.

Jamaah termuda berumur 23 tahun atas nama Ade Saputra Asrip dari Bengkulu Selatan dan tertua berumur 84 tahun bernama Ruslan Mesanti Jentiban juga dari daerah yang sama.

Total jamaah haji yang berangkat melalui embarkasi Padang pada musim haji 2011 berjumlah 7.861 terdiri dari 22 kloter, berasal dari Sumatera Barat 4.714 orang, Bengkulu 1.673 orang dan Jambi 1.354 serta petugas haji 110 orang. (KR-IWY)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011