Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan 10 kabupaten di Sumsel bakal mengalami hujan lebat pada siang hingga sore hari, Ahad.

Rilis yang diterima ANTARA, Ahad, warga di 10 kabupaten itu meliputi Lahat, Musi Banyuasin, Lubuk Linggau, Empat Lawang, Muara Enim, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Ogan Komering Ulu (OKU) dan OKU Selatan diminta untuk waspada terhadap cuaca tersebut.

Sementara potensi terjadinya hujan ringan terjadi di wilayah Pagaralam, OKI, Banyuasin, OKU Timur, Palembang dan Ogan Ilir pada siang hingga sore hari.

Pada pagi hari, cuaca diperkirakan cerah berawan, berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, Musi Rawas, OKU Selatan dan Lahat.

Baca juga: BMKG: Sembilan kabupaten Sumsel waspadai hujan lebat disertai petir

Baca juga: BMKG: 11 kabupaten/kota Sumsel berpotensi hujan lebat disertai petir


Pada malam harinya, cuaca diperkirakan berawan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Muara Enim, PALI, Lahat, Banyuasin, Musi Banyuasin, Palembang, OKI, Prabumulih, Ogan Ilir, OKU dan OKU Timur.

Hujan ringan pada malam hari berpotensi terjadi di wilayah Lubuk Linggau, Empat Lawang, Pagaralam dan OKU Selatan.

Pada dini hari, cuaca diperkirakan berawan dan udara berkabut, berpotensi hujan ringan di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara, Musi Rawas, Muara Enim, PALI, Lubuk Linggau dan Lahat.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 23 – 32 °C dengan kelembapan udara 65 - 98 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 18 – 30 °C dengan kelembapan Udara 70 - 100 persen.

Angin dari Barat – Utara dengan kecepatan 05 - 30 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan berkisar 0,1 – 0,5 meter, cuaca diperkirakan berawan dengan arah angin dari Barat – Utara dengan kecepatan 04 – 28 km/jam.

Terkait perkiraan cuaca tersebut, BMKG mengingatkan warga untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga malam hari.

Peringatan dini itu diberikan untuk warga di wilayah Lahat, Lubuk Linggau, Empat Lawang Muara Enim, PALI, Banyuasin, Musi Banyuasin, Palembang, Prabumulih, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, OKU, OKU Selatan dan OKU Timur.*

Baca juga: Tangani banjir, DPRD Sumsel: Perbanyak kolam retensi di Palembang

Baca juga: Nelayan Sumsel sebut cuaca makin ekstrem, masa tak melaut makin lama

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022