Bandung (ANTARA) - Ketua Pimpinan Daerah Kolektif (PDK) Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1957 Jawa Barat Aria Girinaya meminta Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil untuk tetap fokus mengurus Jawa Barat di tengah informasi akan terpilih sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Pak RK (Ridwan Kamil) itu masih punya tanggung jawab yang masih harus diselesaikan. Beliau menjabat baru tiga tahun kemudian ada pandemi COVID-19 yang mana menyebabkan pembangunan dalam tanda petik banyak yang dipending atau belum terselesaikan," kata Aria Girinaya kepada wartawan, di Bandung, Jumat.

Sebelumnya pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang akan menunjuk kepala daerah berlatar belakang arsitek untuk menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara membuat nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil banyak disinggung.

Baca juga: Ridwan Kamil tak banyak komentar terkait Kepala IKN

Dikarenakan hal tersebut masih berupa sinyal dari Jokowi dan belum mengarah ke nama definitif maka Ridwan Kamil diminta untuk mengabaikan isu tersebut.

Dan jika sinyalemen ini benar, Gubernur Jabar M Ridwan Kamil diminta untuk tetap memilih memimpin Jabar dibanding Nusantara, kata Aria Girinaya.

Menurut dia pernyataan Presiden Jokowi meski belum mengarah langsung pada sosok Ridwan Kamil harus tetap diapresiasi.

"Dan itu bagi kami khususnya warga Jawa Barat adalah suatu kebanggaan kalau betul Pak Ridwan Kamil ditunjuk sebagai kepala otorita IKN," kata Aria.

Melihat hal tersebut, kata Aria, maka pihaknya berharap Ridwan Kamil lebih dulu menyelesaikan tugas-tugasnya sebagai Gubernur Jawa Barat secara tuntas.

"Kalaupun diberi kesempatan, nanti kita terserah Pak Jokowi, tapi kami warga Jabar sangat berharap Pak Ridwan Kamil menyelesaikan tugas sebagai Gubernur di Jabar. Jadi jangan terpecah fokusnya setidaknya masih ada agenda-agenda pembangunan di Jabar yang harus diselesaikan oleh beliau," kata dia.

Dia juga menilai analisa sebagian pengamat bahwa sinyal ini menunjukkan Jokowi tengah mempersiapkan Ridwan Kamil sebagai capres dengan memimpin Nusantara bukan hal yang mudah dan sederhana.

"Lantas pertanyaannya ialah partai mana yang mau mengusung beliau sebagai capres? Saya menyarankan beliau fokus dulu di Jawa Barat walaupun peluang (capres) itu ada. Karena saya berharap Jawa Barat tuntas, Jawa Barat juara lahir batin itu bukan hanya slogan," kata dia.

Baca juga: Ridwan Kamil dukung pengusulan Syaichona Kholil jadi Pahlawan Nasional
Baca juga: Gubernur: Jawa Barat kembangkan wisata religi terkonsep

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022