Saat selesai melakukan pembelajaran tatap muka, sampai di rumah harus selalu bersih-bersih
Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro meminta orang tua siswa selalu mewaspadai penularan COVID-19 dari aktivitas peserta didik selama menjalani pembelajaran tatap muka di sekolah.

"Beberapa hal yang perlu dilakukan anak-anak saat di sekolah, seperti selalu menggunakan masker saat di sekolah, menjaga jarak ketika melakukan aktivitas, tidak menggunakan alat makan yang sama dengan teman, tidak berpegangan tangan atau bersalaman dengan teman dan guru," kata Reisa Broto Asmoro saat menyampaikan keterangan pers yang diikuti dari YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Patuhi prokes di tengah peningkatan mobilitas

Sedangkan sebagai orang tua, kata Reisa, dapat melakukan langkah-langkah pencegahan penularan seperti menyegerakan vaksinasi bagi anak agar tercipta benteng bagi anak dari risiko terkena COVID-19.

Duta Perubahan Perilaku itu juga mengingatkan anak-anak mengganti masker setiap 4 jam sekali, tidak memegang area wajah termasuk mata, hidung, dan mulut, serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Baca juga: Reisa tegaskan vaksin booster tak akan buat masyarakat overdosis

"Saat selesai melakukan pembelajaran tatap muka, sampai di rumah harus selalu bersih-bersih," katanya.

Dikatakan Reisa, kerja sama dari berbagai pihak adalah kunci penanggulangan COVID-19. "Masyarakat memegang peranan utama dalam faktor utama pencegahannya untuk dapat selalu mendukung upaya-upaya yang tengah dilakukan,” katanya.

Baca juga: Jubir: Tidak ada keterangan resmi WHO mengenai penamaan Delmicron

Reisa menambahkan saat ini terdapat peningkatan jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 pada sepekan terakhir. Pada 18 Januari 2021 ada 1.362 kasus konfirmasi, yang merupakan angka tertinggi kasus konfirmasi dalam satu hari sejak pertengahan bulan Oktober 2021.

Menurut Reisa, situasi itu dipengaruhi oleh mobilitas penduduk yang semakin masif di berbagai daerah, terutama usai perayaan libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yang ditandai dengan pergerakan sektor bisnis dan ekonomi.

Baca juga: Jubir: Pengelola gedung diminta terapkan check in PeduliLindungi

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022