Kebijakan solutif juga menjadi keunggulan dengan menyediakan Manfaat Layanan Tambahan (MLT) dalam Program JHT
Jakarta (ANTARA) - BPJAMSOSTEK memperingati hari jadi ke-44 yang jatuh pada 5 Desember 2021, dengan tekad bersikap adaptif dan solutif, di samping melakukan refleksi pada perjalanan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Indonesia.

Beberapa hal penting terkait jaminan sosial ketenagakerjaan tahun ini adalah terbitnya Inpres No.2/2021, pencanangan program baru Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) dan Layanan Syariah BPJAMSOSTEK di Aceh.

Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) juga kembali digulirkan untuk membantu masyarakat pekerja di tengah kondisi pandemi, demikian rilis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Adaptif merupakan salah satu sikat yang harus dimiliki oleh institusi pelayanan publik, terlebih di tengah pandemi. BPJAMSOSTEK merancang Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) untuk mengakomodir pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) via daring dalam kondisi pembatasan aktivitas ketat.

Jamsostek Mobile (JMO) juga menjadi salah satu terobosan yang adaptif dan solutif mengikuti tuntutan zaman. Dahulu sebelum ada fitur pencairan saldo JHT pada aplikasi JMO, pengajuan klaim JHT ditargetkan selesai dalam 7 hari kerja, kini hanya beberapa menit saja.

Kebijakan solutif juga menjadi keunggulan dengan menyediakan Manfaat Layanan Tambahan (MLT) dalam Program JHT melalui kerja sama dengan perbankan memberikan fasilitas KPR (Kredit Pemilikan Rumah), Pinjaman Umang Muka Perumahan (PUMP) dan Kredit Renovasi bagi pekerja peserta.

BPJAMSOSTEK juga melakukan vaksinasi COVID-19 bersama elemen pemerintah dalam mempercepat kekebalan komunal (herd immunity) dengan total 115 ribu dosis vaksin telah disuntikkan.

Manajemen berziarah ke makam para pendahulu yang telah berjuang dan berkontribusi besar dalam perkembangan jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia dan akan menjaga silaturahmi dengan pendahulu.

"Di usia ke-44 tahun ini, BPJAMSOSTEK berikrar untuk memperluas cakupan program jaminan sosial ketenagakerjaan untuk memastikan kesejahteraan seluruh pekerja dan keluarga terwujud melalui penerapan strategi yang adaptif dan solutif," kata Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo.

Sementara di kantor-kantor cabang, peringatan HUT juga dilakukan bersama para karyawan. Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Pluit Husaini mengatakan cabangnya mendekorasi ruang pelayanan dan memberikan suguhan makanan tradisional kepada peserta yang datang.

“Kami memberikan pelayanan spesial kepada peserta yang datang tepat di perayaan HUT BPJS Ketenagakerjaan ke 44 tahun,” ucap Husaini.

Dalam perayaan HUT BPJS Ketenagakerjaan ke 44 tahun juga di lakukan pemotongan tumpeng serempak di seluruh kantor BPJS Ketenagakerjaan yang ada di Indonesia secara virtual.
Baca juga: BPJAMSOSTEK Cikarang ajak masyarakat bersama-sama perangi korupsi
Baca juga: BPJAMSOSTEK pupuk empati ASN lindungi pekerja rentan
Baca juga: Serikat pekerja minta BPJamsostek perkuat kerja sama dengan kejaksaan

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021