Jakarta (ANTARA) – Upaya pemerintah Indonesia dalam mengakhiri situasi pandemi yaitu dengan terus melakukan vaksinasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dalam hal ini, Panasonic berupaya memberikan kontribusi kepada negeri melalui inovasi produk, salah satunya yaitu cooling box, yang menjadi elemen penting untuk digunakan sebagai box penyimpan vaksin dan obat-obatan agar tetap aman dan tidak mudah terkontaminasi dengan zat-zat luar, yang akan merusak mutu dan kualitas vaksin, sehingga membantu pemerintah Indonesia yang sedang gencar memberikan vaksinasi massal untuk menciptakan kekebalan kelompok / herd immunity. 

Panasonic sebagai merek elektronik terkemuka di dunia, yang selalu berupaya menghasilkan inovasi teknologi tingkat tinggi menyadari kebutuhan cooling box untuk membantu kehidupan setiap orang menjadi lebih baik. Hal tersebut dibuktikan dengan peluncuran produk terbaru Panasonic yaitu, VIXELL™ Vacuum Insulated Cooling Box Panasonic (kotak pendingin berisolasi vakum) pertama di dunia dengan teknologi bersumber daya nirkontak (contactless) sehingga penggunanya dapat memastikan kinerja dari proses isolasinya. Produk VIXELL™ sangat cocok digunakan untuk membawa obat-obatan dan vaksin yang memerlukan pengontrolan suhu tertentu, ataupun bisa digunakan di beberapa layanan jasa seperti layanan penyewaan, layanan penerimaan, layanan pra-pendinginan, pengiriman, dan masih banyak lagi.

VIXELL™, menggunakan Vacuum Insulated Case (VIC) sebagai lapisan isolasi dengan bentuk cetakan terintegrasi tanpa sambungan. Lapisan ini merupakan bagian terpenting dari kotak pendingin yang telah dipatenkan oleh Panasonic. Struktur isolasi termal pada VIXELL™ mencegah kebocoran udara dingin dan dapat mempertahankannya di suhu -75ºC sampai 15ºC hingga 18 hari.

Tomonobu Otsu, President Director PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, Panasonic selalu berupaya menghasilkan berbagai inovasi teknologi terbarukan sebagai bentuk kontribusi bagi kehidupan masyarakat dunia yang lebih baik, sesuai dengan tagline perusahaan yaitu A Better Life, A Better World.

“Salah satu bentuk kontribusi tersebut yaitu menghadirkan produk terbaru dan yang pertama di dunia yaitu VIXELL™ Vacuum Insulated Cooling Box. Produk ini disematkan Vacuum Insulated Case (VIC) atau berupa cetakan box berbentuk integral tanpa sambungan, sehingga mampu menjaga suhu dingin dan meningkatkan proses isolasi benda yang tersimpan dalam box seperti obat – obatan dan vaksin. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi solusi yang dapat menjawab terhadap perubahan kebutuhan masyarakat untuk menjalani hidup yang lebih baik”, ujar Tomonobu Otsu.

Tidak seperti panel berisolasi vakum lainnya, panel VIC Panasonic tidak dilapisi film aluminium, sehingga memungkinkan transmisi gelombang radio dan medan magnet untuk terhubung dengan perangkat IoT. VIC Panasonic juga terpasang sensor vakum nirkabel yang menggunakan teknologi bersumber daya nirkontak, sehingga saat menempatkan benda pada VIXELL™, pengguna dapat memeriksa kondisi vakum di dalamnya. Hal ini tentu saja memudahkan pengguna untuk memastikan proses isolasi sebelum box diangkut. Selanjutnya, dengan memasang sensor suhu atau GPS di dalam kotak, pengguna dapat memantau kondisi internal kotak tanpa harus membukanya.

Hot Asi Eben Ezer Nababan, Project Sales Branch Manager menambahkan, seperti kita ketahui, dalam mengangkut obat-obatan diperlukan kontrol suhu yang ketat dan juga pelacakan. Panasonic sudah melakukan pengembangan kotak pendingin untuk pengiriman obat-obatan pada tahun 2018. Sejak saat itu, Panasonic secara berkesinambungan melakukan riset untuk meningkatkan kualitas produk.

”Dengan akumulasi pengalaman bertahun-tahun didalam menggunakan isolasi termal, cetakan, dan teknologi IoT dalam pengembangan lemari es dan peralatan rumah tangga lainnya, Panasonic bertujuan untuk memberikan peningkatan kualitas dan keamanan, serta menciptakan nilai baru dalam proses pengangkutan obat-obatan. Oleh karena itu, Panasonic akan terus berusaha dalam bidang teknologi untuk membantu mewujudkan kualitas hidup yang lebih sehat”, tutup Eben.
















Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021