Anggota DPR minta semua pihak beri perhatian lebih untuk disabilitas

Anggota DPR minta semua pihak beri perhatian lebih untuk disabilitas

Ilustrasi - Penyandang disabilitas saat mengikuti simulasi tsunami, di Banda Aceh (ANTARA)

Banda Aceh (ANTARA) - Anggota DPR asal Aceh M. Nasir Djamil meminta semua pihak untuk memberikan perhatian lebih kepada penyandang disabilitas dengan memenuhi hak-hak mereka.

“Kepedulian terhadap disabilitas perlu ditingkatkan, memberikan dukungan dan perhatian akan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas," kata dia di Banda Aceh, Kamis.

Hal itu disampaikan Nasir Djamil saat melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama penyandang disabilitas se-Aceh dalam rangka peringatan Hari Disabilitas 2021.

Ia mengatakan kegiatan tersebut guna memberikan dukungan dan perhatian akan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas, khususnya mengenai pemahaman tentang Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca juga: Angkie sebut negara belum sepenuhnya ramah penyandang disabilitas

Sosialisasi ini, kata Nasir, sebagai upaya meningkatkan wawasan kebangsaan dan pemahaman nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar dasar negara Indonesia.

"Ini juga sebagai peran disabilitas berupaya menjadi anggota masyarakat yang lebih sadar akan peran pentingnya dalam menjaga keutuhan NKRI," ujarnya.

Ketua Forbes DPR RI dan DPD Aceh itu, juga mendorong pemerintah untuk lebih memperhatikan kesejahteraan dan pemenuhan hak-hak disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

Dalam kesempatan itu, para penyandang disabilitas kepada Nasir Djamil secara terbuka mengutarakan berbagai keluhan kurangnya implementasi dan pemenuhan hak-hak mereka.

Ia berharap, masyarakat tetap optimistis terutama bagi penyandang disabilitas untuk terus berpartisipasi secara aktif di tengah masyarakat.

“Perlu dukungan berbagai pihak memastikan penyandang disabilitas mendapatkan hak-hak mereka dengan baik, untuk itu saya minta semua pihak peduli disabilitas," kata Nasir Djamil.

Baca juga: Sekolah umum perlu fasilitasi siswa difabel, kata pejabat Kemensos
Baca juga: Mensos: Komisi Nasional Disabilitas bantu selesaikan isu disabilitas
Pewarta : Rahmat Fajri
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021