Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Bali, Kamis meninjau sejumlah infrastruktur pendukung untuk penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden, infrastruktur pendukung yang pertama ditinjau Presiden adalah Jalan Tol Bali-Mandara.

Baca juga: Jokowi: Indonesia perjuangkan aspirasi negara-negara berkembang di G20

Jalan tol ini nantinya akan dilintasi oleh para pemimpin G20 saat menghadiri KTT G20 di Bali. Jalan tol yang menghubungkan Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Nusa Dua ini rencananya akan dipercantik dengan penanaman bunga, mangrove, dan dicat ulang.

"Kita akan mulai proses mempercantik jalan tol di bulan Januari. Kita akan hias dengan pohon kamboja, tabebuya, dan di pinggirannya kita akan tanam mangrove, bougenville, anggrek, dan lain-lain," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Lokasi berikutnya yang ditinjau Presiden adalah Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Tempat ini merupakan salah satu kandidat lokasi diselenggarakannya KTT G20.

Adapun penataan koridor jalan, pedestrian, dan lanskap Bandara Ngurah Rai-Nusa Dua hingga venue KTT G20 meliputi Bundaran Ngurah Rai, underpass Ngurah Rai, pintu masuk tol Ngurah Rai, coating tiang pancang, taper dan median tol, exit tol Nusa Dua, dan akses jalan serta jembatan menuju lokasi KTT.

Baca juga: Presiden akan ajak 20 pimpinan G20 tinjau konservasi mangrove di Bali
Baca juga: Presiden Jokowi tiba di Bali disambut pasukan jajar kehormatan

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021