Hal tersebut terjadi akibat adanya gangguan gelombang atmosfer tipe 'Low Frequency' yang terpantau berada di Sumatera bagian selatan,
Kota Bengkulu (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu menyebutkan bahwa hingga Desember 2021 wilayah Bengkulu berpotensi hujan hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.
 
"Hal tersebut terjadi akibat adanya gangguan gelombang atmosfer tipe 'Low Frequency' yang terpantau berada di Sumatera bagian selatan, " kata Kasi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, Anang Anwar di Bengkulu, Selasa
 
Kemudian, adanya labilitas udara yang cukup kuat dan kelembapan udara yang basah dari lapisan bawah hingga atas atmosfer yang menyebabkan terjadinya proses pembentukan awan hujan di Bengkulu.
 
Ia menjelaskan hal tersebut terjadi akibat gelombang Rossby Ekuator yang berpropagasi ke arah barat mencakup wilayah Samudera Hindia barat daya Sumatera hingga selatan.
 
"Karena itu, Bengkulu berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang hingga Desember nanti," katanya.

Untuk angin kencang terjadi di Bengkulu dengan kecepatan angin mencapai 5 - 25 knots.

Ia menambahkan, kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Bengkulu, perairan barat Lampung, Selat Sunda, Laut Jawa bagian barat, Laut Natuna utara dan perairan selatan Kalimantan.
 
Selain itu ombak tinggi hingga empat meter juga terjadi di wilayah Perairan Timur Pulau Enggano.
 
Daerah yang diprediksi terjadi hujan dengan intensitas lebat yang disertai dengan angin kencang yaitu Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong.

Kemudian Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur.
 
Pihaknya meminta kepada masyarakat Provinsi Bengkulu untuk waspada terkait potensi hidrometorologi seperti banjir dan tanah longsor, demikian  Anang Anwar ​​​​​​.

Baca juga: BMKG : Fenomena DMI sebabkan curah hujan di Bengkulu tinggi

Baca juga: KLHK: banjir Bengkulu terjadi akibat curah hujan tinggi dan rob

Baca juga: BMKG Bengkulu keluarkan peringatan dini hujan disertai angin kencang

Baca juga: BMKG: warga Bengkulu waspadai hujan lebat disertai petir

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021