RKS menggelar vaksinasi COVID-19 untuk percepatan target vaksinasi.
Jakarta (ANTARA) - Relawan Kawan Sandi (RKS) wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar vaksinasi COVID-19 secara massal pada salah satu pusat perbelanjaan di Makassar.

Dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa, Sandiaga Uno mengatakan kegiatan ini sebagai aksi nyata RKS yang peduli masyarakat sekaligus membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi.

Sandiaga menyatakan capaian vaksinasi di Sulsel saat ini masih tertinggal. Karena itu, RKS menggelar vaksinasi untuk percepatan target vaksinasi.

“Sulsel saat ini baru 45,5 persen vaksin pertama, dan vaksin kedua belum 30 persen. Ini yang harus kita kejar,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu pula.

Sandiaga menyebut, Sulsel merupakan salah satu destinasi wisata unggulan dan memiliki banyak produk ekonomi kreatif yang harus dikembangkan, sehingga capaian vaksinasi sangat penting untuk dikejar.

Sandiaga juga mengucapkan terima kasih kepada RKS yang telah menghadirkan program tepat sasaran ini.

“Karena Sulsel merupakan salah satu destinasi wisata unggulan, maka harus menghadirkan program tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Untuk ekonomi bangkit juga kita harus meningkatkan protokol kesehatan,” ujar Sandi lagi.
Baca juga: Relawan Kawan Sandi dideklarasikan di Pekanbaru


Perwakilan RKS Sulsel Muhammad Arsyad mengatakan, vaksinasi ini menyasar masyarakat umum dan lanjut usia (lansia). Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam pencegahan COVID-19 sekaligus meningkatkan herd immunity.

“Hari ini kami menyediakan sebanyak 1.500 dosis vaksin. RKS akan membantu pemerintah agar ekonomi pulih kembali di Indonesia,” kata Arsyad.

Arsyad menyebut RKS Sulsel tidak hanya sampai di sini untuk membantu masyarakat, tapi akan jemput bola dan mendatangi masyarakat ke kampung-kampung. Hal ini merupakan bentuk kemanusiaan agar masyarakat mau divaksin sehingga ekonomi pulih kembali.

“Kami akan memberi edukasi kepada masyarakat, agar mereka tahu manfaat vaksin dan mau divaksin. RKS ini bentuk kemanusiaan agar ekonomi pulih kembali,” kata dia lagi.

Salah satu warga penerima vaksin, Joice mengaku senang bisa mendapat vaksin yang digelar oleh RKS.

Menurutnya, program vaksinasi massal seperti ini penting untuk dilakukan agar Indonesia kembali pulih.

“Terima kasih banyak kepada penyelenggara. Semoga dengan makin banyak yang divaksin, usaha-usaha bisa kembali jalan, yang terkena PHK pun bisa kembali dapat kerja. Karena saya pun salah satu korban PHK akibat COVID-19,” kata Joice pula.

Baca juga: Relawan Kawan Sandi bantu percepatan vaksinasi COVID-19 di Sulsel
Baca juga: Relawan kawan sandi gelar vaksinasi di Lombok
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021