Yang akan menjadi target adalah hal-hal yang berpotensi menimbulkan dampak situasi kamtibmas lebih buruk.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan salah satu tujuan Operasi Zebra Jaya 2021 untuk menyasar potensi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Yang akan menjadi target adalah hal-hal yang berpotensi menimbulkan dampak situasi kamtibmas yang lebih buruk," kata Firman, usai apel gelar pasukan di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin.

Operasi Zebra kali ini dilakukan serentak di seluruh wilayah di Indonesia pada 15 hingga 28 November 2021. Menurut Firman, beberapa potensi pelanggaran para pengendara lalu lintas, di antaranya mengambil jalan pintas.

"Mengambil jalan pintas sesungguhnya itu membahayakan dan berpotensi terhadap kemacetan dan kecelakaan lalu lintas," ujar Firman.

Firman menekankan agar masyarakat siap untuk tidak melanggar lalu lintas. Dia juga meminta agar kesadaran tertib berkendara dimiliki masyarakat.

"Arahan Bapak Kapolri kepada seluruh jajaran, mari kita ajak masyarakat, mari kita bina masyarakat, melalui seluruh potensi yang ada untuk siap tidak melanggar," kata Firman menegaskan.

Firman meminta masyarakat bukan menghindari polisi, tapi dengan memiliki kesadaran bahwa lalu lintas merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari dan keselamatan bersama.

Apel gelar pasukan Operasi Zebra Jaya 2021 tersebut dipimpin Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Selain Kakorlantas Firman dan Kapolda Metro Jaya Fadil, turut hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut masyarakat kini memasuki babak baru.

Anies mengatakan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 harus diaplikasikan dalam berkendara.

"Selama 1,5 tahun ini kita belajar berdisiplin protokol kesehatan. Menggunakan masker, menjaga jarak. Sekarang saatnya pelajaran kedisiplinan dalam protokol kesehatan kemarin kita terapkan di dalam kedisiplinan berlalu lintas," ujar Anies pula.
Baca juga: Kapolda Metro: Masyarakat harus "ajak" pelat nomor saat berkendaraan
Baca juga: Polisi petakan sasaran penindakan Operasi Zebra Jaya

Pewarta: Fauzi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021