Alhamdulillah, Kementerian ESDM telah membuktikan ke dunia internasional bagaimana mendesain kampanye komunikasi yang efektif dan informatif di sektor energi
Jakarta (ANTARA) - Program komunikasi #EnergiKolaborasi, yang dirancang dan dijalankan Kementerian ESDM meraih Silver Winner di ajang ASEAN PR Excellence Award 2021 pada kategori Best Public Relation (PR) Campaign.

Keberhasilan mendapatkan pengakuan internasional, khususnya di kalangan organisasi kehumasan Asia Tenggara ini sekaligus mengukuhkan pencapaian praktik kehumasan (public relations/PR) di Kementerian ESDM telah memenuhi standar internasional.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu mengungkapkan kesuksesan ini merupakan hasil kerja keras Kementerian ESDM untuk terus melakukan inovasi dan kreativitas di tengah tantangan pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah, Kementerian ESDM telah membuktikan ke dunia internasional bagaimana mendesain kampanye komunikasi yang efektif dan informatif di sektor energi," katanya di sela menghadiri COP Ke-26 di Glasgow, Skotlandia, Jumat (5/11/2021).

Melalui keikutsertaan di ajang penghargaan internasional ini, jelas Agung, akan mampu meningkatkan kapabilitas, wawasan, serta jaringan di bidang kehumasan.

"Hal ini menjadi modal penting bagi pegawai Kementerian ESDM khususnya pranata humas dalam menjalankan praktik-praktik kehumasan sesuai standar internasional sekaligus meningkatkan reputasi kehumasan Indonesia di level internasional," tegasnya.

Menurut Agung, terpilihnya #EnergiKolaborasi sebagai salah satu yang terbaik tak lepas dari komitmen pemerintah terus mengupayakan program-program sektor energi dan sumber daya mineral yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Lewat program komunikasi yang tepat sasaran akan memudahkan kami (pemerintah) meningkatkan kesadaran mengenai ketahanan energi nasional di masyarakat," tambahnya.

Dalam pengumumannya, Kementerian ESDM merupakan satu-satunya institusi pemerintah dari Indonesia yang berhasil memenangkan penghargaan.

#EnergiKolaborasi merupakan program kampanye khusus yang diperuntukkan untuk para generasi milenial demi meningkatkan ketahanan energi nasional, mendukung pengembangan perusahaan rintisan (startup) energi dengan menyediakan platform diskusi secara virtual mengikuti gaya kekinian.

Salah satu implementasinya adalah pelaksanaan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Project berjudul APEC Workshop on Achieving Business Sustainability for Clean Energy Startup dan merupakan kali pertama Kementerian ESDM mendapat pendanaan dari APEC.

Program ini dikemas melalui pola komunikasi yang inklusif dengan melibatkan semua stakeholder energi.

ASEAN PR Excellence Award merupakan ajang regular yang digelar ASEAN Public Relations Network selaku komunitas kehumasan se-ASEAN yang mempertemukan para pimpinan, akademisi, praktisi, dan pihak-pihak lain yang berhubungan dengan kehumasan dari negara-negara anggota ASEAN.

"APRN PR Excellence Awards sebagai salah satu acara paling bergengsi dan ditunggu-tunggu di industri PR, Awards Presentation Ceremony mengakui pencapaian luar biasa dan standar tinggi dari profesional PR, agensi dan perusahaan di industri di seluruh kawasan ASEAN," kata President of ASEAN PR Network (APRN) Prita Kemal Gani.

Menurut Prita, penghargaan ini menjadi tolok ukur standar industri dan praktik sebagai lencana khusus untuk mengakui dan merayakan pencapaian dalam praktik kehumasan di kawasan Asia Tenggara.

Pada 2021 merupakan tahun ketiga pelaksanaan ASEAN PR Excellence Awards 2021 memberikan penghargaan dalam beberapa kategori, yaitu Best PR Program, Best PR Practitioners, Best PR Agencies, Best PR Campaign, Best Crisis Management, Best Print Media Company Supporting PR and Communication Industry, Best Online Media Company Supporting PR and Communication Industry, dan Best Government PR.

Baca juga: Kementerian ESDM raih anugerah Keterbukaan Informasi Publik dari KIP
Baca juga: Kementerian ESDM beri penghargaan untuk pelaku "good mining practices"
Baca juga: Kementerian ESDM: RI dapat lima penghargaan ASEAN Energy Award 2021

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021