Yentinus Kogoya adalah salah satu anggota kelompok KKB Nduga pimpinan Egianus Kogoya yang berperan sebagai penerjemah, ....
Jayapura (ANTARA) - Kepolisian Daerah Papua mengungkapkan Yentinus Kogoya (29), anggota KKB yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Polres Yahukimo, selama 4 tahun di Distrik Dekai, Ibu Kota Kabupaten Yahukimo, dan bekerja di tambang Kali I.

"Ini hasil pemeriksaan awal setelah aparat gabungan TNI/Polri pada hari Selasa (2/11) sekitar pukul  11.02 WIT menangkap yang bersangkutan," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ahmad Kamal di Jayapura, Rabu. 

Yentinus Kogoya, kata dia, diduga terlibat penyerangan terhadap warga sipil di Kali I itu adalah anggota kelompok kriminal bersejata (KKB) pimpinan Tendius Gwijangge.

Kamal menjelaskan bahwa penangkapan Kogoya ketika aparat keamanan gabungan berpatroli di Dekai, atau setelah polisi mendapat informasi bahwa seorang DPO dari KKB Nduga sedang berada di kota.

Pada saat ditangkap di Jalur 3 Paradiso, Dekai, Kabupaten Yahukimo, Kogoya sedang berboncengan dengan rekannya, Benius Giban (19), hendak membeli bensin.
 
Penangkapan tersebut berdasarkan LP Polres Yahukimo dengan Nomor LP/16/V/2021/Papua/Res Yahukimo, LP/23/VI/2021/Papua/Polres Yahukimo tanggal 25 Juni 2021 dan LP/27/VII/2021/Papua/Res Yahukimo, tanggal 10 Juli 2021.

Kabid Humas Polda Papua menambahkan bahwa Yentinus Kogoya adalah salah satu anggota kelompok KKB Nduga pimpinan Egianus Kogoya yang berperan sebagai penerjemah, penghubung, dan bermain dalam media sosial.

Kogoya juga diduga terlibat dalam acara bakar batu di Kali Braza yang dihadiri oleh KKB Yahukimo pimpinan Tendius Gwijangge.

"Tersangka Yentius Kogoya diduga terlibat sejumlah aksi kekerasan di Kabupaten Yahukimo, termasuk kasus pembunuhan yang menyebabkan empat orang meninggal dan dua orang lainnya terluka," ungkap Kombes Pol. Ahmad Kamal.

Baca juga: Satgas Newangkawi tangkap DPO teroris Puncak Gumanggup Enumbi

Baca juga: TNI-Polri buru komplotan KKB usai penembakan guru di Puncak Papua

Pewarta: Evarukdijati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021