Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur mendorong partisipasi warga guna mencegah banjir saat musim hujan tiba seperti sekarang ini.

Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Hendra Hidayat, mengatakan penanganan banjir tidak bisa hanya dikerjakan oleh pemerintah kota melainkan juga butuh partisipasi warga.

Baca juga: Jakarta Timur lanjutkan pengerukan Kali Rawa Rengas Cakung

"Dalam penanganan banjir ini tidak bisa dikerjakan hanya dari pihak pemerintah saja, tapi diperlukan kolaborasi dari semua pihak termasuk masyarakat dalam menjaga lingkungannya,” kata Hendra Hidayat di Jakarta, Jumat.

Hendra menambahkan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan pencegahan dan penangan banjir, seperti membuat 210 sumur resapan yang dilakukan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur.

Selain itu, ada juga 2.000 sumur resapan buatan Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, dan masing-masing Kecamatan di Jakarta Timur total sudah mencapai 1.000 sumur resapan.

Baca juga: Wali Kota Jaktim ajak warga buat sumur resapan di rumah

“Kami berharap apa yang Kami lakukan dan partisipasi serta kolaborasi yang sudah dilakukan bersama masyarakat tetap dilanjutkan," ujar Hendra.

Dia mengatakan bahwa seluruh sarana, prasarana, hingga personel telah siap dalam pencegahan dan penanganan adanya genangan dan banjir pada musim hujan kali ini.

“Semua personel, sarana dan prasarana dari Sudin terkait dalam pencegahan dan penanganan genangan dan banjir saat musim hujan diharapkan nanti semua sudah siap,” tutur Hendra.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021