Kami tetap tracing baik ke kelompok belajar maupun ke keluarganya
Bandung (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara menyebut kasus aktif di Bandung mengalami kenaikan karena adanya tambahan dari kasus terkonfirmasi COVID-19 dari sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM).

"Iya, karena adanya tambahan kasus dari sekolah," kata Ahyani di Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Adapun pada Rabu (20/10) pekan sebelumnya, kasus aktif COVID-19 masih berada di angka 71 orang. Angka tersebut cukup rendah dibandingkan pekan dan bulan sebelumnya usai adanya gelombang COVID-19 Juli 2021 lalu.

Namun pada pekan ini, kasus aktif nampak kembali naik signifikan. Dari data terakhir, kasus aktif di Kota Bandung naik menjadi 144 orang per Selasa (26/10).

Kenaikan itu mulai terjadi beberapa waktu setelah hasil pengetesan acak bagi siswa dan guru di sejumlah sekolah yang melaksanakan PTM.

Baca juga: RSHS Bandung antisipasi gelombang ketiga COVID-19 meski kasus menurun

Baca juga: Separuh lebih wilayah Kota Bandung nol kasus COVID-19


Pada Selasa (19/10) lalu, Dinkes mencatat ada 14 orang yang positif COVID-19 dari hasil tes acak di sekolah. Sedangkan pada Minggu (24/10) lalu, Dinas Pendidikan menyatakan angka itu bertambah menjadi 84 orang yang dinyatakan positif dari hasil tes acak di sekolah.

Namun Ahyani mengatakan orang yang positif dari aktivitas PTM itu merupakan orang tanpa gejala. Karena mereka pun dites saat melakukan kegiatan sekolah seperti biasa tanpa adanya gejala-gejala COVID-19.

"Kami tetap tracing baik ke kelompok belajar maupun ke keluarganya," kata dia

Tindak lanjut ditemukan positif COVID-19 tersebut, ujarnya sebanyak 14 sekolah diperintahkan untuk kembali melaksanakan pembelajaran jarak jauh guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 tersebut.

Adapun rinciannya sekolah tersebut yakni lima SD (sekolah dasar), dua SMP (sekolah menengah pertama), dua SMA (sekolah menengah atas, empat SMK (sekolah menengah kejuruan, dan satu SLB (sekolah luar biasa).

Baca juga: Pemkot Bandung izinkan kapasitas bioskop hingga 70 persen

Baca juga: Dinkes Bandung sebut penanganan COVID-19 lebih baik karena minim kasus

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021