Jelas ini adalah standar ganda bahwa Amerika Serikat mengadukan kami atas pengembangan dan pengujian sistem senjata yang sama, yang sudah atau sedang dikembangkan, dan bahwa (sikap) itu hanya menambah kecurigaan pada ketulusan mereka usai mengatakan
Seoul (ANTARA) - Korea Utara pada Kamis menyebutkan bahwa Amerika Serikat berlebihan menyikapi uji coba rudal baru-baru ini dan mempertanyakan ketulusan Washington untuk menawarkan pembicaraan, memperingatkan konsekuensinya.

Uji coba rudal balistik baru pekan ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang dan menengah Korea Utara untuk meningkatkan pertahanan diri dan tidak ditujukan untuk Amerika Serikat atau negara lain mana pun, kata juru bicara di Kementerian Luar Negeri Pyongyang, menurut Kantor Berita KCNA.

Washington mengambil "langkah yang sangat provokatif" dengan menyebut uji coba tersebut sebagai pelanggaran resolusi Dewan Keamanan PBB dan ancaman bagi perdamaian dan stabilitas kawasan, katanya.


Baca juga: Soal uji coba rudal, Korut tuding DK PBB terapkan standar ganda

Dewan Keamanan PBB pada Rabu bertemu untuk membahas peluncuran rudal Korut atas permintaan AS dan Inggris. Utusan AS mendesak Pyongyang supaya menerima tawaran pembicaraan, menegaskan kembali bahwa Washington tidak berniat untuk memusuhi mereka.

Juru bicara itu mengatakan "standar ganda" AS atas pengembangan rudal membuat pihak Korut ragu dengan tawaran pembicaraan tersebut.


Baca juga: Korea Utara tembakkan rudal antipesawat yang baru dikembangkan

"Jelas ini adalah standar ganda bahwa Amerika Serikat mengadukan kami atas pengembangan dan pengujian sistem senjata yang sama, yang sudah atau sedang dikembangkan, dan bahwa (sikap) itu hanya menambah kecurigaan pada ketulusan mereka usai mengatakan bahwa mereka tidak menyalakan permusuhan kepada kami," kata juru bicara melalui pernyataan yang dilansir oleh KCNA.

AS beserta dewan bisa menghadapi "konsekuensi yang lebih serius dan berat" apabila mereka memilih tindakan yang salah, katanya, memperingatkan untuk tidak "mengutak atik bom waktu."

Sumber: Reuters


Baca juga: Korea Utara tembakkan rudal balistik dari kapal selam

Baca juga: Kim Jong Un tuding AS, Korsel ancam perdamaian dengan kegiatan militer

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021