Gubernur Kepri : SDM sehat dorong percepatan investasi

Gubernur Kepri : SDM sehat dorong percepatan investasi

Gubernur Kepri Ansar Ahmad meresmikan gedung Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) PT Bintan Cakrawala di kawasan industri Lobam, Kabupaten Bintan, Kepuauan Riau,Selasa (19/10/2021). ANTARA/Ogen/aa.

Bintan (ANTARA) - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengatakan sumber daya manusia (SDM) yang sehat akan memperkuat daya saing dalam mendorong percepatan investasi di daerah tersebut.

"SDM berkompeten mampu mendukung supply dan demand, sehingga investor merasa SDM yang mereka butuhkan ada di Kepri," kata Ansar Ahmad saat meresmikan gedung Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) PT Bintan Cakrawala di kawasan industri Lobam, Kabupaten Bintan, Selasa.

Menurut Ansar, kehadiran LPK PT Bintan Cakrawala diharapkan dapat melahirkan pekerja maupun calon pekerja dengan keahlian komplet, yaitu terampil, bersertifikat dan proses penempatan sesuai kebutuhan dunia kerja.

Baca juga: Isdianto: HUT RI momentum tingkatkan SDM Kepri
Baca juga: Gubernur Kepri: Tingkatkan Potensi Dan Kemampuan SDM


Selain itu, ia meminta agar pelatihan kerja, khususnya di sektor industti tidak hanya berorientasi pada pasar dalam negeri, tetapi menyasar luar negeri.

Menurutnya, pemerintah pusat dan dunia industri dapat bekerja sama dengan lembaga sertifikasi luar negeri. Harapannya, pekerja Indonesia bisa bekerja di luar negeri sesuai keterampilan yang dimiliki.

"Jadi, selain memiliki sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Juga punya sertifikasi luar negeri," ujar Ansar.

Ansar mengatakan penguatan SDM di Kepri sejalan dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri periode 2021-2026, yaitu Terwujudnya Kepri Makmur Berdaya Saing dan Berbudaya.

"Kuncinya adalah penguatan SDM guna mendukung kemajuan industri di Tanah Air," ucapnya.

Lebih lanjut, Ansar mengatakan selain faktor SDM, komponen penting lainnya dalam membentuk dan mengembangkan ekosistem di bidang industri adalah regulasi.

Baca juga: Gubernur Kepri janji permudah investasi demi pulihkan ekonomi

Menurut Ansar, kemudahan regulasi industri yang menjadi kewenangan pemerintah pusat akan memberikan iklim dalam pengembangan ekonomi yang lebih baik. "Sehebat apapun industri kita, kalau tidak didukung regulasi akan sulit berkembang," ucapnya.

Ia juga mendorong kawasan investasi yang berkembang khususnya pelabuhan bebas dan kawasan bebas di semua kabupaten-kota dilengkapi dengan fasilitas pendidikan. Dengan begitu, akan memperkuat indeks daya saing untuk menggaet investor ke Kepri.

Dia juga mengapresiasi program Kementerian Perindustrian dan PT Bintan Cakrawala yang telah melaksanakan pelatihan khusus sektor pengelasan di Kabupaten Bintan. "Pelatihan ini diharapkan mencetak pekerja las yang terampil dan bersertifikat sesuai kebutuhan dunia industri," kata Ansar.
Pewarta : Ogen
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021