Jakarta (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Paralimpiade Nasional (PB Peparnas) Papua memastikan Bumi Cenderawasih sudah siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga terbesar untuk atlet disabilitas edisi XVI tersebut.

"Semuanya on the track di semua bidang, mulai dari bidang upacara, pertandingan, akomodasi, transportasi, konsumsi, keamanan sudah siap," ujar Wakil Ketua II PB Peparnas Papua Hans Hamadi dalam diskusi FMB 9 dengan tema Kawal Kesiapan Peparnas XVI Papua, Senin.

Dalam pelaksanaannya, Hans juga menyebut Peparnas Papua akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat yang sama seperti pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Selain itu, pihaknya pun menjamin seluruh fasilitas ramah disabilitas. Salah satunya, yaitu saat kedatangan di bandara, PB Peparnas bekerja sama dengan Angkasa Pura menyiapkan ramp khusus untuk pengguna kursi roda. BEgitu juga dengan arena pertandingan dan hotel yang bakal ditempati atlet.

"Semuanya ramah disabiltas, seperti yang direkomendasikan Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia. Transportasi juga sudah mulai dimodifikasi agar ramah disabilitas," kata Hans.

Baca juga: Pengenalan sponsor PB Peparnas XVI sediakan kuliner gratis khas Papua 

Peparnas Papua dijadwalkan bergulir di dua tempat, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura pada 2-15 November 2021.

Sebanyak 1.935 atlet disabilitas dari 33 provinsi di Tanah Air bakal berpartisipasi dalam 12 cabang olahraga yang dipertandingkan. Mulai dari angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola CP, tenis lapangan kursi roda dan tenis meja.

"Peparnas harus berhasil. Cahaya kemenangan dari Papua akan kami tunjukkan dari Perparnas. Ada kejutan baru dengan adanya Peparnas di papua," pungkas Hans. 

Baca juga: Risma pastikan penyandang disabilitas PEPARNAS ikuti vaksinasi 
Baca juga: Menhub pastikan kesiapan sarana transportasi pendukung PON XX di Papua 

 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021