kesehatan atau kesulitan masyarakat Kampung Workwana dapat terbantu
Keerom (ANTARA) - Personel TNI Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma dan pembagian sembako kepada warga di perbatasan RI-PNG Kampung Waorkwana, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua dalam rangkaian peringatan HUT ke-76 TNI.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar dalam keterangan diterima ANTARA, di Papua, Sabtu, mengatakan, kegiatan bakti sosial dan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan bertujuan untuk mendekatkan prajurit Satgas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista kepada masyarakat

Melalui bakti sosial pengobatan dan bagi sembako, lanjut Dansatgas, dapat memberikan perhatian khusus kepada seluruh warga yang berada di Kampung Workwana yang merupakan kampung terdekat dengan perbatasan RI-PNG.

"Kami berharap permasalahan tentang kesehatan atau kesulitan masyarakat Kampung Workwana dapat terbantu oleh personel Pos Kout Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista,” kata Ade.

Dokter Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Lettu Ckm dr. Kristia Yudha Bayu M mengungkapkan, layanan kesehatan merupakan atas kerja sama yang baik antara Satgas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Kout dengan Dinas kesehatan Kabupaten Keerom.

Baca juga: Satgas TNI berikan layanan kesehatan warga Papua di perbatasan

Diakuinya, tim kesehatan Satgas juga memberikan jenis layanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan fisik kepada warga, pemberian vitamin, pemberian obat gratis hingga pembagian makanan bergizi untuk warga Kampung Workwana.

“Semoga apa yang kita lakukan dapat membantu masyarakat, kemudian komunikasi dan silaturahmi antara kami Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista dan Dinas kesehatan Kabupaten Keerom dengan warga Kampung Workwana dapat terjalin dengan baik dan semoga kehadiran kami dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,”ungkap Lettu Bayu.

Disebutkan, tujuan utama dari kegiatan yang bakti sosial kesehatan ini adalah mengatasi keluhan kesehatan masyarakat yang dominan, seperti masyarakat yang mengalami sakit malaria, nyeri pada bagian sendi dan penyakit kulit yang disertai gatal-gatal.

"Sedangkan kepada anak-anak kebanyakan mengalami batuk pilek serta perlu tambahan makanan bergizi,”tambah Lettu Bayu.

Sementara itu, salah satu warga Kampung Workwana Frengki Awom mengucapkan terimakasih kepada prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Kout yang telah membantu masyarakat wilayah perbatasan Kampung Workwana dalam memberikan pelayanan kesehatan dan sembako serta mengajak masyarakat bersama-sama dalam menjaga keamanan di wilayah perbatasan RI-PNG.

Baca juga: Satgas TNI bagikan sembako untuk warga di perbatasan RI-Papua Nugini

“Kami sangat berterima kasih sekali atas kesudian Satgas Yonif 403 Pos Kout yang telah datang membantu warga kampung kami. Saya mengucapkan terimakasih atas bantuan bakti sosial khususnya untuk pelayanan kesehatan dengan bantuan sembako warga sangat menyambut gembira dan senang sekali,”ujarnya.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021