Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menuturkan, kepulangan atlet peraih medali emas cabang olahraga selam PON XX Papua 2021, Dhea Nazhira Nuramalina, dengan menggunakan bus umum merupakan pilihan sang atlet untuk memberikan kejutan kepada keluarganya.

Menurut Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, Dhea tidak ingin menggunakan kendaraan yang sudah disediakan panitia. Sebab, Dhea tidak ingin kepulangannya disambut dengan meriah. "Atlet kebanggaan ini memberikan keterangan bahwa ia ingin bikin surprise ke keluarganya dan tidak mau kepulangannya diramai-ramaikan oleh pemerintah setempat, sehingga memilih pulang naik kendaraan umum ketimbang yang disediakan panitia," ujar Kang Emil dalam siaran pers Humas Pemprov Jabar, Kamis.

"Namun semua ini sudah dievaluasi kepada KONI Provinsi dan Kota/Kabupaten agar berkoordinasi dengan lebih matang, sehingga tidak menjadi salah prasangka. Tetap semangat untuk semua atlet Jawa Barat. Kemenangan sudah dekat. Insya Allah," tuturnya.

Baca juga: Ridwan Kamil optimistis Jabar kembali jadi juara umum PON Sebelumnya, atlet cabang olahraga selam peraih medali emas di PON XX Papua 2021, Dhea Nazhira viral seusai diisukan pulang ke kampung halamannya tanpa mendapat penjemputan khusus dari pemerintah.

Hal tersebut terjadi usai potongan video yang beredar di media sosial, terlihat Dhea didampingi ibunya, Desi Arisandi baru tiba di Kota Ciamis, Jawa Barat sambil membawa barang bawaan. Dhea lalu mengatakan bahwa ia berangkat dari Bandung dengan menumpang bus umum.

Kemudian muncul isu bahwa Dhea tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah terkait kepulangannya seusai berlaga membela Jabar di PON Papua.

Peluang Jabar menjadi juara umum sangat terbuka lebar. Berdasarkan situs resmi KONI Jabar pada Kamis (14/10) pukul 08:00 WIB, Jabar masih memuncaki klasemen perolehan medali dengan 125 emas, 97 perak, dan 114 perunggu.

Berada di posisi kedua Jawa Timur yang sudah merangkum 106 emas, 86 perak, dan 80 perunggu. Sedangkan DKI Jakarta menempati peringkat ketiga dengan perolehan medali 100 emas, 87 perak, dan 96 perunggu.

Baca juga: Jawa Barat tinggalkan rival-rivalnya di klasemen PON Papua
Baca juga: (Round up) - Jabar di ambang ulangi sukses jadi juara umum

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021