Alhamdulilah bakti sosial khitanan massal ini disambut antusias masyarakat yang banyak membawa anaknya untuk dikhitan
Banjarmasin (ANTARA) - TNI Angkatan Laut (AL) menggelar khitanan massal untuk membantu warga kurang mampu di pesisir Kalimantan Selatan (Kalsel) yaitu di Desa Sungai Rasau, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut.

"Alhamdulilah bakti sosial khitanan massal ini disambut antusias masyarakat yang banyak membawa anaknya untuk dikhitan," kata Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr Hanla, Senin di Banjarmasin.

Ia menjelaskan khitanan gratis sangat ditunggu warga, terutama bagi mereka dari kalangan kurang mampu. Terlebih di masa pandemi COVID-19 ni, ekonomi masyarakat semakin sulit.

Mengingat biaya khitan anak-anak ataupun remaja cukup tinggi berkisar antara Rp700 ribu hingga Rp1.500.000 tergantung dari metode yang digunakan, maka adanya khitanan gratis seperti yang dilaksanakan TNI AL sangat membantu masyarakat.

Bakti sosial Lanal Banjarmasin tersebut menjadi rangkaian memperingati Hari Kesehatan Angkatan Laut tahun 2021 yang diperingati setiap 9 Oktober.

Ratusan paket sembako juga dibagikan bagi masyarakat pesisir setempat yang selama ini turut terdampak pandemi.
TNI Angkatan Laut dari Lanal Banjarmasin, Kalsel, Senin (11/10/2021) membagikan ratusan paket sembako saat kegiatan khitanan massal di Desa Sungai Rasau, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut.. (FOTO ANTARA/Firman)


Danlanal menjelaskan jajarannya terus melakukan bakti TNI untuk membantu masyarakat sekaligus mendukung program pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19.

Di antaranya seperti serbuan vaksinasi maritim yang terus dilaksanakan menyasar warga pesisir dan masyarakat yang bekerja di sektor maritim. Termasuk kini memberikan vaksin terhadap pelajar dan mahasiswa guna mendukung pembelajaran tatap muka.

Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut langsung berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah barat. Mayoritas masyarakatnya adalah nelayan dan sebagian lagi petani, demikian Herbiyantoko.

Pewarta: Firman
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021