Dengan adanya integrasi PeduliLindungi di aplikasi BNI Mobile Banking diharapkan semakin mempermudah masyarakat dan membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan digital guna menghentikan penyebaran virus COVID-19 di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengintegrasikan dua aplikasi sekaligus untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses PeduliLindungi melalui BNI Mobile Banking.

Penyatuan tersebut dicanangkan Kementerian Kesehatan melalui acara Peluncuran Integrasi PeduliLindungi dengan platform-platform digital populer yang dipakai masyarakat Indonesia di Jakarta, Kamis (7/10) secara virtual.

"Dengan adanya integrasi PeduliLindungi di aplikasi BNI Mobile Banking diharapkan semakin mempermudah masyarakat dan membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan digital guna menghentikan penyebaran virus COVID-19 di Indonesia," kata Direktur Utama BNI Royke Tumilaar dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Royke mengatakan integrasi aplikasi PeduliLindungi ke dalam aplikasi BNI Mobile Banking sedang memasuki fase finalisasi, sehingga dalam waktu dekat, nasabah dapat mengakses fitur PeduliLindungi langsung melalui aplikasi BNI Mobile Banking. Nasabah BNI dapat melakukan scan kode QR untuk check in dan check out di tempat-tempat umum melalui aplikasi BNI Mobile Banking.

Aplikasi PeduliLindungi merupakan sarana yang menjadi tulang punggung pemerintah dalam melakukan pelacakan dan menghentikan penyebaran COVID-19 yang dikembangkan melalui Kementerian Kesehatan.

Aplikasi Peduli Lindungi memudahkan penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dengan scan QR di area publik.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan aplikasi PeduliLindungi dirancang untuk 3 hal dalam penanganan pandemi COVID-19. Pertama, untuk screening status vaksinasi dan PCR tes terutama untuk 6 aktivitas utama yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia.

“Kedua, untuk fungsi tracing (pelacakan) yang diharapkan kalau ada kasus positif, kita bisa sangat cepat mengetahui siapa yang ada di lokasi tersebut. Ketiga, untuk mendukung implementasi protokol kesehatan," ujar Menkes Budi.

Menkes Budi juga turut menyampaikan terima kasih kepada para mitra yang telah mendukung aplikasi PeduliLindungi untuk menjangkau seluruh rakyat Indonesia.

“Terima kasih kepada BNI, Mandiri, Tokopedia, Jaki, Grab, Tiket.com, Dana, LinkAja, Goers, Traveloka, Shopee, Halodoc, Loket.com dan Mcash," katanya.

Baca juga: BNI perkenalkan "mobile banking" terbaru sesuai selera milenial
Baca juga: Pengguna mobile banking BNI tumbuh 58,4 persen/tahun sejak 2019
Baca juga: BNI tawarkan kemudahan bagi pengguna "Local Currency Settlement"

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021