Makassar (ANTARA) - Sebanyak 9.774 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) dari total 10.424 orang yang menghuni 24 lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) di Provinsi Sulawesi Selatan, atau 93,76 persen sudah divaksinasi COVID-19.

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto, di Makassar, Ahad, mengatakan dari sebanyak 9.774 orang WBP yang telah divaksinasi COVID-19, sebanyak 2.398 orang telah menjalani suntikan dosis pertama, dan 7.376 orang WBP telah menerima dosis lengkap atau dua dosis.

Sedangkan sisanya sebanyak 650 orang WBP yang belum divaksinasi sama sekali, kata Harun, akan segera dikoordinasikan dengan instansi terkait sehingga mereka juga bisa divaksinasi COVID-19.

WBP yang belum divaksinasi karena belum memenuhi syarat kesehatan, saat ini dalam perawatan tim medis Lapas/Rutan.

Baca juga: Sebanyak 1.300 dosis vaksin disiapkan untuk WBP Rutan Makassar

Baca juga: 5.471 warga binaan di Sulsel sudah divaksin


"Alhamdulillah vaksinasi WBP di Sulsel sudah mencapai 93,76 persen. Semoga sisa 650 orang yang belum divaksinasi akan dilakukan jika mereka sudah memenuhi syarat," ujar Harun.

Ia pun berterima kasih kepada Pemprov Sulsel, Pemkab/Pemkot di Sulsel, Pihak TNI-Polri, Poltekkes dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar.

Kadiv Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Sulsel Edi Kurniadi mengatakan saat ini di Rutan Pinrang dan Enrekang capaian vaksinasinya sudah 100 persen.

Sementara 17 lapas/rutan lainnnya sudah diatas 90 persen yakni Rutan Bantaeng, Watansoppeng, Sidrap, Malino, Makassar, Barru, Sengkang, Pangkajene, Jeneponto, Sinjai, Makale, LPKA Maros, Lapas Takalar, Lapas Narkotika Sungguminasa, Parepare, Makassar, dan Bulukumba.*

Baca juga: 2,13 juta warga Sulsel telah divaksinasi COVID-19 dosis satu

Baca juga: Satgas: Sekitar 10.000 dosis Moderna akan didistribusi ke Sulsel

Pewarta: Anwar Maga
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021