59.157 pelajar di Kabupaten Tangerang telah divaksin COVID-19

59.157 pelajar di Kabupaten Tangerang telah divaksin COVID-19

Petugas dari Dinkes setempat melakukan pemeriksaan terhadap siswa yang akan melakukan vaksinasi COVID-19. (Azmi Samsul Maarif)

Tangerang, Banten (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Banten, Saefullah menyebutkan sebanyak 59.157 atau 70 persen pelajar yang ada di daerah itu telah menerima vaksinasi COVID-19, guna mendapat kekebalan kelompok (herd immunity) dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas.

"Untuk vaksinasi pelajar per pekan ini kita sudah sebanyak 59.157 pelajar atau mecapai 70 persen dari sasaran yang ada," kata Saefullah di Tangerang, Jumat.

Ia mengatakan, untuk percepatan vaksinasi terhadap pelajar, Pemkab Tangerang menargetkan minimal mencapai 80 persen dari total sasaran sebanyak 214.000 pelajar. Dan yang telah tervaksin saat ini baru mencapai 70 persen.

Baca juga: Kelompok milenial-Polri menggelar vaksinasi di Tangerang Selatan

Menurutnya, dengan para pelajar menerima vaksinasi maka kemungkinan kecil resiko tertular COVID-19 pada remaja itu tidak terjadi. Maka dari itu, para orang tua pun harus segera mengajak anak-anaknya untuk mengikuti vaksin.

Ia menuturkan, pada pelaksanaan pemberian vaksin pelajar di Kabupaten Tangerang, pihaknya menggelarnya di beberapa sekolah dengan terjadwal dan juga di Puskesmas Puskesmas yang tersebar di setiap kecamatan.

Baca juga: Alumni Akabri 98 gelar vaksinasi COVID-19 untuk pelajar di Banyumas

"Kalau untuk pelaksanaannya sendiri sebenarnya kami ingin melakukan secara serentak di semua sekolah yang ada, agar semua merata dapat mencapai targetan sesuai yang ditentukan. Tetapi kondisinya ada keterbatasan tenaga kesehatan jadi kita sesuaikan dengan jadwal di masing-masing Puskesmas," ujarnya.

Ia menambahkan, jika secara umum Kabupaten Tangerang menargetkan sebanyak 2 juta jiwa penduduk harus menerima vaksin sebelum akhir tahun 2021.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 untuk pelajar Mataram capai 52,41 persen

Dari targetan tersebut, yang telah mendapatkan vaksin tahap pertama sebanyak 1.003.911 orang, sedangkan pada tahapan keduanya yaitu sebanyak 530.528 orang.
Pewarta : Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021