Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya memaksimalkan capaian vaksinasi massal COVID-19 dengan penguatan sosialisasi kepada 2,3 juta warga ber-KTP DKI Jakarta yang sampai saat ini belum divaksin.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, di Balai Kota Jakarta, Senin, mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) diketahui masih ada sekitar 2,3 juta warga ber-KTP DKI Jakarta yang belum disuntik vaksin. 

"Untuk pencapaian target 100 persen vaksinasi, maka sekitar 2,3 juta warga yang belum divaksin perlu disosialisasi untuk mau divaksin, Penguatan sosialisasi perlu dilakukan dengan mengajak tokoh masyarakat setempat di lingkungan permukiman sampai ke tingkat RW dan RT," katanya.
 
Menurut Widyastuti, saat ini masiih banyak masyarakat yang merasa takut disuntik vaksin dengan alasan komorbid yakni memiliki penyakit bawaan, seperti penyakit paru, jantung, atau diabetes.

"Melalui sosialisasi itu, bisa dijelaskan bahwa ada pilihan vaksin yang relatif lebih aman.  Warga  yang khawatir karena memiliki  komorbid tertentu, ini  yang harus kita pastikan," ujarnya.

Baca juga: Pemprov DKI percepat penyediaan dosis vaksin di Ibu Kota

Pemprov DKI Jakarta, kata dia, masih memiliki pekerjaan rumah, karena  adanya warga yang sudah pindah, tugas luar negeri, atau pindah ke luar DKI Jakarta, tapi KTP-nya masih melekat ke DKI.

"Tentu ini menjadi PR kita untuk hersinergi dengan tim pusat karena bisa saja beliau-beliau ini disuntiknya bukan di Jakarta tapi di tempat tinggalnya saat ini. Jadi, data seperti ini perlu dikoordinasikan dengan pemerintah pusat," katanya.

Sedangkan, terhadap warga ber-KTP DKi yang belum disuntuk vaksin, perlu perjuangan untuk membujuknya agar mau divaksin. "Ini tugas semua pihak untuk mensosialisasikan bahwa vaksinasi ini diperlukan," ucapnya.

Capaian vaksinasi massal COVID-19 di DKI Jakarta sampai saat ini, untuk dosis pertama sudah sebanyak  10.232.364 orang sasaran, dengan proporsi 64 persen ber-KTP DKI Jakarta dan 36 persen warga KTP luar DKI.

Sedangkan, capaian vaksinasi dosis kedua, sampai saat ini mencapai 7.407.335 orang sasaran dengan proporsi 65 persen ber-KTP DKI dan 35 persen ber-KTP luar DKI..

Baca juga: Pemkot Jakbar genjot sisa 45 persen warga yang belum divaksin
​​​​​​​
Baca juga: 69.442 siswa di Jakarta Barat sudah divaksin dosis satu

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021