Tak terkecuali tumbuh pesatnya perekonomian Papua lewat kelahiran pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di saat pelaksanaan PON, yang kemudian bertahan dan kian berkembang di masa mendatang
Jayapura (ANTARA) - Asisten bidang perekonomian dan kesejahteraan rakyat Sekretaris Daerah Provinsi Papua Muhammad Musaad mengharapkan, pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berdampak positif terhadap perekonomian di wilayah tersebut.

"Tak terkecuali tumbuh pesatnya perekonomian Papua lewat kelahiran pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di saat pelaksanaan PON, yang kemudian bertahan dan kian berkembang di masa mendatang," kata Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Muhammad Musa'ad dalam siaran pers di Jayapura melalui laman daerah di Jayapura, Minggu.

Asisten Sekda Musa'ad mengatakan, saat ini saja sudah mulai “menjamur” tempat berjualan kopi secara mobile di pinggir jalan oleh kawula muda Papua.

Cita rasa kopi yang dijual di pinggir jalan, menurut Musaad, tak kalah jauh dengan kopi yang dibuat di hotel maupun cafe terkenal di Kota Jayapura.

“Dengan begitu kita harap semakin banyak lagi generasi muda yang memiliki pilihan hidup untuk menjadi wirausaha muda sebab UMKM merupakan lapangan kerja sama yang luas dan terbuka bagi siapa saja jika mereka mau berusaha," katanya

Menurut Musa’ad, sesuai dengan visi Gubernur Lukas Enembe yakni kebangkitan, kemandirian dan kesejahteraan Papua, maka sudah saatnya pada momentum PON XX Papua, UMKM di bumi Cenderawasih itu sudah harus bangkit dan mandiri di negerinya sendiri.

"Namun hal ini tentu perlu peran serta dari masyarakat pelaku usaha itu sendiri. Karena tidak bisa hanya pemerintah yang mendorong tetapi perlu adanya keinginan yang kuat dari pelaku usaha itu sendiri untuk mengembangkan usahanya," kata mantan Kepala Bappeda Papua itu.

Pantauan ANTARA hingga Minggu (19/9) sejumlah perempuan pelaku usaha mikro di Kota Jayapura telah banyak bermunculan menjual suvenir PON XX Papua berupa anyaman tas noken di sejumlah tempat.

Pelaksanaan PON XX Papua berlangsung 2-15 Oktober 2021 di empat klaster penyelenggara di antaranya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga.

Baca juga: PON XX momentum akselerasi pemulihan ekonomi Papua

Baca juga: Menkop-UKM: PON XX Papua akan gerakkan ekonomi meski di tengah pandemi

Baca juga: PON Papua berpotensi percepat perekonomian di multisektor

Baca juga: BI: PON 2020 dorong ekonomi Papua

 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021