Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap Festival Adat Kerajaan Nusantara (FAKN) yang diselenggarakan pada 28 hingga 30 September 2021 di Keraton Sumedang Larang, Jawa Barat berjalan sesuai rencana.

"Kegiatan itu harus berjalan sesuai aturan yang ada. Kami mendukung penuh festival ini," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

DPD RI, kata dia, siap memberikan dukungan penuh agar pertemuan yang akan dihadiri raja-raja dari seluruh nusantara berjalan tanpa halangan.

Sebagai perwakilan daerah, DPD RI berkepentingan untuk melestarikan keraton dan kerajaan di Nusantara. Eksistensinya harus terus didukung agar dapat bertahan di tengah perubahan global yang begitu cepat.

Baca juga: Lokasi Festival Adat Kerajaan Nusantara di Sumedang ditinjau Ketua DPD
Baca juga: 143 kerajaan Nusantara ikut Festival Keraton di Kendari
Baca juga: 87 raja akan ikuti Festival Keraton Nusantara


"Festival ini adalah satu cara dan upaya untuk melestarikan kebudayaan luhur di daerah yang dimiliki oleh keraton dan kerajaan di Nusantara," ujar dia.

Melalui kegiatan yang diadakan di Keraton Sumedang Larang yang juga menjadi Museum Prabu Geusan Ulun di Regol Wetan, Sumedang Selatan, Sumedang, Jawa Barat tersebut, eksistensi keraton dan kerajaan akan terawat dengan baik

Keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tak bisa dilepaskan dari peranan kerajaan-kerajaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, negara mengakui dan memberikan tempat khusus keberadaan kerajaan di Nusantara sebagaimana yang diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 18B ayat 2.

"Kearifan lokal dan khasanah budaya harus kita pertahankan. Bukan hanya secara kasat mata, namun lebih kepada mental dan emosional. Sehingga kita tetap berpegang teguh pada budaya yang dimiliki," kata eks Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) tersebut.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021