Bantuan ini diperuntukan menguatkan kekebalan komunal masyarakat, proses pendistribusiannya dilakukan secara bertahap oleh Polda Riau
Pekanbaru (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Riau memberikan bantuan 20,5 ton Liquid Oksigen dan 400 unit tabung oksigen serta 175 unit regulator kepada Polda Riau, untuk didistribusikan ke sejumlah rumah sakit di Kota Pekanbaru.

Bantuan ini diperuntukan menguatkan kekebalan komunal masyarakat, untuk proses pendistribusiannya dilakukan secara bertahap oleh Polda Riau setelah diterima langsung Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun serta para pejabat utama Polda Riau.

"Alhamdulillah, kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara Kadin, OJK dan Polda Riau," kata Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dalam keterangannya di Pekanbaru,Senin.

Menurut Agung, agar tepat sasaran dan berjalan lancara maka pendistribusian oksigen tersebut dilakukan dengan mengerahkan langsung tim pengawalan.

Agung mengatakan, pihaknya juga mendapat dukungan dari mantan Gubernur Riau, Andi Rachman  2.528 dosis vaksin untuk pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal.

"Terimakasih pak Andi Rachman yang telah menindaklanjuti dan meneruskan komunikasi kami beberapa waktu lalu, karena dengan penambahan ini dapat memenuhi kebutuhan vaksin masyarakat Riau bisa ditingkatkan," ujarnya.

"Vaksin ini juga merupakan bantuan dari Kadin Riau, yang sebelumnya didapat dari OJK Riau, yang diperuntukan bagi masyarakat yang bekerja di sektor UMKM," kata Kapolda.
Baca juga: Pemrov Riau terima 145 konsentrator oksigen dari Tanoto Foundation
Baca juga: Sumbar dapat bantuan oksigen 30 ton dari Riau


Saat ini., katanya, kapasitas Vaksin Center RS Bhayangkara Polda Riau dapat mencapai 5.000 orang per hari. Fasilitas yang ada di Vaksin Center ini bisa digunakan dan dimanfaatkan warga Riau," ujar Kapolda.

Kapolda juga berharap, dengan target vaksinasi bagi 4 jutaan penduduk Riau dapat segera tercapai sedangkan saat ini sudah 1,8 juta warga Riau divaksin.

"Kita masih diangka 40 persen, karena itu, kita akan terus menggelorakan vaksinasi, sehingga ketersediaan vaksin harus terus kita upayaka. Dengan demikian Polda Riau memiliki target penyaluran vaksin sebanyak 19 ribu perhari," katanya.

Menurutnya, sejauh ini pelaksanaan vaksinansi berjalan lancar, semua bisa dilayani dengan baik. Terutama Vaksin bagi masyarakat umum, mahasiswa, masyarakat suku pedalaman di kawasan hutan dan sebagainya.

"Kali ini kita layani untuk penguatan ekonomi, masyarakat UMKM. Ini tentu sangat positif artinya dampaknya untuk kita bisa menjaga pertumbuhan ekonomi dan produktifitas kita. Karena ekonomi di Riau ini sudah cukup baik dan maju, akan terus kita tingkatkan," katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum Kadin Riau, Juni Ardianto Rachman mengatakan, kegiatan ini terselenggara dengan bekerjasama OJK Riau dan Polda Riau. Kerjasama ini menyediakan 2.528 dosis vaksin yang disiapkan, bagi vaksinasi massal untuk para pelaku UMKM.

Andi menyebutkan, OJK Riau mendapatkan kuota 13 ribu dosis vaksin sedangkan Kadin Riau mendapatkan kuota 54 persen, sekitar 7 ribuan. Maka seluruh dosis vaksin yang kami terima di sebar ke sejumlah kabupaten dan kota. Untuk di Pekanbaru kita salurkan 2.528 dosis vaksin," kata Andi. 
Baca juga: Polda Riau kawal pengiriman 70 ton oksigen
Baca juga: Riau kirim 500 ton oksigen ke Pulau Jawa dan Bali

Pewarta: Frislidia
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021