Jakarta (ANTARA) - Lima berita hukum pada hari Minggu (12/9) yang terjadi di wilayah Indonesia masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari puluhan remaja di Palembang diamankan hingga cek kebenaran Thanos serang sejumlah kementerian/lembaga.

Klik di sini untuk berita selengkalnya

1. Polisi amankan puluhan remaja pengguna narkoba di klub malam Palembang

Kepolisian Resor Kota Besar Palembang, Sumatera Selatan, mengamankan puluhan remaja yang terkonfirmasi positif menggunakan narkoba di sebuah klub malam kota ini, Minggu dini hari.

Mereka terjaring dalam operasi pemberantasan peredaran narkoba dan ketertiban masyarakat bersama Tim Gabungan Detasmen Polisi Militer II/Swj di Klub Malam RD Jalan Perindustrian 2, Kecamatan Sukarame, Palembang.

Selengkapnya di sini

2. CISSReC perlu cek kebenaran Thanos serang sejumlah kementerian/lembaga

Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC memandang penting melakukan pengecekan terkait dengan kebenaran informasi peretasan terhadap 10 kementerian dan lembaga di Tanah Air dengan menggunakan private ransomware (perangkat pemeras) bernama Thanos.

"Bisa saja ini baru klaim sepihak. Oleh karena itu, perlu menunggu buktinya seperti pada kasus e-HAC Kemenkes beberapa waktu lalu," kata Ketua Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC Dr. Pratama Persadha melalui percakapan WhatsApp kepada ANTARA di Semarang, Minggu.

Selengkapnya di sini

3. Kemenkumham serahkan jenazah korban kebakaran lapas ke pihak keluarga

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI kembali menyerahkan satu jenazah korban kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten atas nama Hariyanto ke pihak keluarga.

"Sebelumnya almarhum Hariyanto dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang," kata Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP) Kelas I Tangerang selaku perwakilan tim yang dibentuk Kemenkumham, Rino Soleh Sumitro melalui keterangan tertulis Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

4. Penerapan ganjil genap efektif tekan mobilitas kendaraan di Puncak

Penerapan ganjil genap di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, efektif untuk membatasi mobilitas terutama kendaraan dari luar kota menuju berbagai destinasi wisata dan tempat kunjungan lainnya di Cianjur, kata Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan.

"Kami akan mengevaluasi kembali penerapan ganjil genap di jalur Puncak-Cianjur, karena ini cukup efektif dalam menekan mobilitas kendaraan terutama di kawasan Puncak-Cipanas yang selama ini rawan macet total," kata Doni di Cianjur, Minggu.

Selengkapnya di sini

5. Satgas Pamtas gagalkan penyelundupan mobil asal Malaysia

Personel Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti menggagalkan penyelundupan satu unit mobil Toyota Land Cruiser VX 80 asal Malaysia, di daerah Segorong, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat.

"Kendaraan tersebut diamankan personel Pos Koki Jagoi Babang Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dipimpin Dan SSK II Koki Jagoi Babang Lettu Inf Oki Abri Maestro bersama personel Tim Tindak Bea Cukai Kanwil Kalbagbar di daerah Segorong, Sabtu (11/9) sekitar pukul 22.00 WIB," kata Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol (Inf) Hendro Wicaksono, dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau, Minggu.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021